Muarabulian, Antarajambi.com - DPRD Batanghari melalui komisi III kembali memanggil tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab terdiri dari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita memanggil tiga OPD ini karena mereka terlibat langsung dalam penanganan bencana banjir beberapa waktu lalu," kata Azizah, anggota ketua komisi III, Kamis (23/3).

Ia mengatakan, pemanggilan OPD berlangsung diruang Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batanghari, dan dihadiri anggota komisi yakni M. Zaki, Najamudin dan M. Amin Z. 

"Ketiga OPD ini memang merupakan mitra kerja Komisi III DPRD Batanghari," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemanggilan komisi III terhadap tiga OPD ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terkait masalah banjir beberapa waktu lalu. Bahkan pengawasan ini sangat penting menyangkut hajat hidup masyarakat Batanghari yang terkena banjir.

Sementara itu, dari hasil pemanggilan ini dapat disimpulkan kelembagaan perlu adanya sistem yang kuat. Karena urusan banjir ini tidak hanya tugas dari BPBD, Dinsos dan PUPR saja, melainkan semua pihak. 

ā€¯Misalnya saja terkait kebun warga yang terkena dampak atau ternak warga dan dalam pamanggilan tadi didapati bahwa data data terkait tersebut tak ada dan jadi tanda tanya bagaimana penanganan hal tersebut," katanya.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017