Jambi, Antarajambi.com - Atlet renang muda Jambi berhasil merebut 14 medali emas, lima perak dan sembilan perunggu dari hasil Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se-Sumatera (Krapsu) yang berlangsung di Akuatik Stadion Rumbai, Riau yang berakhir Selasa (28/3).

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jambi, Olsen Tiger di Jambi, Rabu, mengatakan ini merupakan keberhasilan dari pembinaan yang telah dilakukan oleh beberapa klub renang seperti `Yopi Swimming Club` dan `Teratai Swimming Club` yang selama ini telah membina atletnya.

Keberhasilan para perenang muda dari klub tersebut, merupakan modal bagi daerah dalam rangka pembinaan jangka panjang dimana Provinsi Jambi kini sudah mulai memiliki dan menunjukkan potensi atlet renangnya untuk masa depan.

Klub renang yang ikut pada Krapsu di Rumbai, Riau, yang berlangsung selama empat hari atau 25-28 Maret 2017, mengirimkan lima belas atletnya terdiri atas sembilan atlet putra dan enam putri.

"Perenang dari kedua klub itu telah menunjukkan potensi bahwa perenang muda Jambi sudah mulai menunjukkan prestasinya walaupun pada tingkat regional atau se-Sumatera," kata Olsen.

Hasil Krapsu di Riau itu, ke-14 medali emas itu dipersembahkan oleh perenang putri dari klub Teratai Swimming Club atas nama perenang Aura Filzani Fitri Lubis turun pada Kelompok Umur (KU) III putri yang berhasil mempersembahkan lima medali emas, tiga perak dan dua perunggu.

Medali emasnya Aura dipersembahkan dari nomor 200 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya ganti, 400 meter gaya ganti, 400 meter gaya bebas dan 800 meter gaya bebas, sedangkan tiga peraknya dari nomor 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu dan 200 meter gaya bebas.

Sedangkan perenang dari `Yopi Swimming Club` mempersembahkan sembilan medali emas, dua perak dan tujuh perunggu yang dipersembahkan dari empat perenangnya yakni dari atlet muda potensi Tiara Puspa turun di KU IV putri berhasil merebut lima medali emas dari nomor 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu dan 100 meter gaya bebas.

Kemudian perenang putri Nurul Hikmah untuk KU III berhasil merebut dua medali emas, satu perak dan empat perunggu yakni dua emasnya di nomor 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu, satu perak di 50 meter gaya bebas dan empat perunggunya dari 100, 200 dan 400 meter gaya bebas dan 200 meter kupu-kupu.

Kemudian perenang putra Hendrianto pada KU III merebut satu emas dari nomor 50 meter gaya bebas dan tiga perunggu dari nomor 50,100 dan 200 meter gaya punggung dan Zaky di KU V hanya merebut satu medali emas nomor 50 meter gaya dada.

Para atlet muda tersebut merupakan potensi masa depan Jambi, untuk bisa menaikkan kembali cabang akuatik khususnya renang pada tingkat nasional, kata Olsen Tiger.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017