Muarabulian, Antarajambi.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, Jambi, melalui PT PDAM Tirta Batanghari akan melakukan penambahan jangkauan pembangunan PDAM. Hal ini bertujuan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di beberapa lokasi di dalam wilayah Batanghari.

"Pemerintah pusat akan menghibahkan anggaran untuk pembangunan IPA di beberapa lokasi, dan komitmen dari pemkab diantaranya adalah bersedia menyediakan lahan," kata Abubakar Sidiq, Direktur PDAM Tirta Batanghari, Senin.

Ia mengatakan, terkait dengan pembangunan IPA tersebut, seperti pembangunan IPA di Kecamatan Mersam dan Muara Bulian sudah selesai dilakukan pada 2016 lalu. 

"Pembangunan IPA akan dilanjutkan pada tahun ini. Pembangunan yang dilakukan secara keseluruhan, dari IPA sampai kejalur distribusi," ujarnya.

Menurut dia, untuk pembangunan dan penambahan jangkauan PDAM akan terus dilakukan, karena kebanyakan masyarakat Batanghari tinggal di sepanjang aliran sungai.

Bahkan dalam persoalan dalam lokasi pembangunan IPA kedepan, beberapa tanah aset milik Pemkab Batanghari sudah di hibahkan kepada pihak PDAM. Dimana pembangunan IPA tersebut akan tersebar di beberapa Kecamatan dalam wilayah Batanghari.

Ditempat terpisah, Veriyanto, Kepala Seksi Pemindah Tanganan dan Penghapusan di Bidang Pengelolaan Aset Milik Daerah mengatakan, sejumlah aset berupa tanah dihibahkan Pemkab kepada pihak PDAM Tirta Batanghari dan ini dilakukan secara bertahap sejak 2015 lalu. 

"Seperti di Kecamatan Mersam seluas 60 tumbuk, Muara Bulian 30 tumbuk, Maro Sebo Ulu 30 tumbuk dan Pemayung 30 tumbuk," katanya lagi. 

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017