Jambi, Antarajambi.com - Universitas Jambi (Unja) siap menjadi tempat penyelenggaraan ujian "Computer Based Test" - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 untuk pertama kalinya yang akan digelar di Gedung LPTIK Kampus Unja Mendalo, Jambi.

"Universitas Jambi baru kali ini menyelenggarakan ujian CBT, maka dari itu, saya harapkan kepada penanggungjawab CBT pada khususnya dan seluruh panitia SBMPTN pada umumnya untuk dapat mempersiapkan sarana maupun prasarana dengan seksama dalam melaksanakan ujian CBT nanti,” kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan didampingi Kepala Humas Unja Akbar Kurnia Putra di Jambi, Kamis. 

Pelaksanaan SBMPTN dengan menggunakan perangkat komputer itu akan digelar bersamaan dengan ujian SBMPTN 'paper based test' (BPT)   yakni pada 16 Mei 2017. Secara khusus Unja mempersiapkan sebanyak 160 unit komputer di LPTIK Unja.

CBT atau yang dikenal Computer Based Test adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangkat tes untuk beberapa peserta dengan rentang waktu tes yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya.

Kesiapan Universitas Jambi dalam perhelatan ujian CBT-SBMPTN 2017 mendapat perhatian khusus dari Rektor Universitas Jambi, Prof H Johni Najwan. Rektor beserta rombongan meninjau secara langsung lokasi yang telah disiapkan oleh panitia CBT-SBMPTN 2017 Universitas Jambi pada Selasa (2/5) untuk pelaksanaan ujian CBT dimana salah satu lokasi ujiannya adalah di LPTIK Universitas Jambi Kampus Mendalo.

Rektor berharap agar ujian CBT yang untuk kali pertama dilakukan oleh Unja berjalan dengan lancar serta panitia yang telah ditugaskan mempersiapkan dengan seksama sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada saat tes berlangsung.

Selan itu, Rektor Unja yang merupakan penanggung jawab SBMPTN  2017 Panlok Jambi dan Ketua Tim Penjaminan Mutu terhadap SBMPTN 2017 itu juga melakukan sosialisasi SBMPTN 2017. Salah satunya melalui kegiatan siaran langsung di RRI Regional Jambi, Kamis (4/5).

Sementara itu pendaftaran SBMPTN 2017 akan ditutup pada Jumat (5/5) pukul 21.59 WIB. Pada SBMPTN 2017 mendatang, universitas negeri satu-satunya di Provinsi Jambi itu menyiapkan kuota sebanyak 35 persen dari total penerimaan mahasiswa baru Unja tahun 2017-2018 atau sekitar 2.600 kursi.***4***

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017