Jakarta, Antarajambi.com -  Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto bertemu tokoh otomotif Tinton Susanto untuk mematangkan rencana membangun sirkuit bertaraf nasional di daerah itu.

Pertemuan dilakukan Senin pagi  di Sirkuit Sentul yang terletak di Desa Sentul, Babakan Madang Kabupaten Bogor Jawa Barat. 

Kepada Tinton yang merupakan direktur PT Sarana Sirkuit Utama sekaligus pengelola Sirkuit Sentul, Bupati Romi menyampaikan keseriusannya membangun sirkuit di Tanjabtim. Karena spesifikasi pembangunan sirkuit bersifat khusus, Romi membutuhkan banyak referensi, salah satunya dari sirkuit Sentul sebagai yang terbesar di Indonesia. 

Mengenai lokasi dan ketersediaan lahan, Romi mengaku sudah siap. Lobi anggaran ke Kementerian Pariwisata pun telah dilakukan. Tinggal menunggu proses selanjutnya dari sisi teknis penganggaran. Namun persoalan teknis pembangunan dan pengelolaan masih menjadi kendala utama. 

"Karena itu kita butuh bantuan pak Tinton yang sudah profesional baik dari sisi pembangunan maupun pengelolaan sirkuit," kata Romi usai pertemuan.

Dijelaskan Romi dalam pertemuan sekitar 30 menit itu, Tinton berjanji untuk serius mendukung hingga sirkuit terbangun. Ayah pebalap Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto itu bahkan berjanji mengawal tuntas pembangunan sirkuit. 

Tinton akan membantu menyiapkan konsultan dan rancangbangun sirkuit hingga prospek pengembangannya. "Pak Tinton respek sekali. Beliau bahkan menyemangati saya agar sirkuit betul - betul segera bisa dibangun,"kata Romi.

Meski Tanjabtim belum termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Romi berkeyakinan adanya sirkuit bertaraf nasional di daerah itu akan turut merangsang masuknya investasi berskala besar di sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan membantu percepatan peningkatan perekonomian masyarakat Tanjabtim.

Pewarta: Novendra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017