Jambi, Antarajambi.com  - Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan mengimbau peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 Lokal Jambi fokus dan tidak terpengaruh hal-hal yang dapat membuyarkan konsentrasi.

"Tetap fokus dan percaya diri kepada kemampuan diri masing-masing. Jangan terganggu hal-hal yang tidak perlu yang bisa mengganggu konsentrasi, kami menjamin komitmen dan kualitas seleksi masuk perguruan tinggi ini berlangsung sangat fair," kata Johni Najwan yang juga Ketua Tim Penjaminan Mutu terhadap SBMPTN 2017 itu, Senin.

Ia menyebutkan, panitia SBMPTN telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan seleksi bersama tersebut yang dipusatkan di kampus Universitas Jambi, baik untuk ujian berbasis computer based test maupun paper based test.

Rektor Unja yang didampingi Humas SBMPTN 2017 Panlok Jambi Akbar Kurnia Putra meminta para peserta untuk tidak terpengaruh terhadap isu-isu apapun yang biasa muncul dalam setiap pelaksanaan SBMPTN.

Menurut dia, semua proses seleksi dilakukan sesuai standard dan terjamin kerahasiaan soal ujian tetap terjaga karena dilakukan sesuai standard yang ada. Penyimpanan, pendistribusian hingga pembagian lembar soal ujian dilakukan melalui pengawasan yang ketat yang melibatkan berbagai pihak.

"Tetap percaya diri dalam mengerjakan soal test karena keberhasilan test hanya akan ditentukan oleh kemampuan peserta dan iringi dengan doa," kata Johni Najwan.

Ia menjelaskan, kelulusan dari SBMPTN 2017 sepenuhnya di tangan peserta ujian dan hasil test akan diperiksa dan dikoreksi secara digital.

"Semua sistemnya menjamin pelaksanaan seleksi fair," katanya.

Sementara itu pelaksanaan SBMPTN di Jambi akan diikuti oleh 11.071 peserta yang serentak akan mengikuti proses UN di Kampus Unja  pada Selasa (16/5) besok. Kawasan Kampus Unja Pinang Masak di Mendalo dipastikan dijubeli para peserta SBMPTN, serta pada waktu yang bersamaan akan datang pula peserta yang telah lulus jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 yang diterima di Kampus Unja.

"Selasa besok akan tumplek, peserta SBMPTN yang melakukan test dan peserta SNMPTN yang sudah lulus ke Unja untuk melakukan registrasi," kata Humas Unja Akbar Kurnia Putra.

Ia menjelaskan, pelaksanaan daftar ulang atau registrasi peserta SNMPTN yang sudah  lulus masuk Unja yang digelar berbarengan dengan test SBMPTN untuk menghindari adanya peserta SNMPTN yang juga ikut test SBMPTN.

"Dengan mekanisme ini, maka tidak ada peserta yang lulus SNMPTN yang juga mendaftar dan ikut SBMPTN," kata Akbar.

Untuk pelaksanaan SBMPTN 2017 dan registrasi peserta SNMPTN 2017 di kampus Unja, Selasa besok, Panpel telah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian, Dishub dan institusi terkait pengamanan di kawasan kampus Mendalo, Jambi itu.
    

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017