Muarabulian,Antarajambi.com  - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi mendadak mengetes urine ratusan kepala desa di wilayah itu, Senin.

Sebanyak 115 kades di wilayah Kabupaten Batanghari di tes urine saat menghadiri Diseminasi Pengendalian Penduduk dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Tingkat Kabupaten yang digelar di ruang pola kantor bupati setempat.

"Kita sengaja mendadak melakukan tes urine untuk seluruh Kades ini," kata Kepala BNNK Batanghari M Zuhairi,

Pada saat dilakukan tes urine ini, para Kades diminta meninggalkan ruang pola dan diantar oleh petugas BNNK ke kamar mandi guna pengambilan urine

"Narkoba adalah musuh negara, jadi ini tanggungjawab semua pihak untuk memberantas serta mencegah penyalahgunaan narkoba ini," kata Zuhairi.

Dia menjelaskan, bagi Kades yang hasil urinenya positif mengandung narkoba, pihaknya akan mengikuti petunjuk dari bupati Batanghari selaku pimpinan di daerah itu.

Menurut Zuhairi, tes urine bukan hanya dilakukan kepada pihak pemerintah saja tapi anggotanya juga siap untuk di cek. Dan bukan hanya perangkat desa, masyarakat juga akan dilakukan tes urine.

BNNK kata Zuhairi mengimbau masyarakat Batanghari yang terlanjur menjadi pengguna aktif namun tidak bisa untuk menghilangkannya untuk segera melapor ke pihaknya.


BNNK Batanghari katanya siap untuk membantu merehabilitasi atau rawat jalan. Sebab BNNK sendiri ada pos anggaran dalam program ini dan tidak ada biaya yang dipungut dari pengguna.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017