Jambi, Antarajambi.com - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi (Unja) Prof RA Muthalib mengatakan perguruan tinggi itu menerima sebanyak 2201 calon mahasiswa baru reguler melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017.

"Dari 11.071 peserta yang mengikuti tes untuk jalur SBMPTN tahun ini yang dinyatakan lulus ada 2.201 calon mahasiswa baru," kata Prof RA Muthalib di Jambi, Rabu.

Dia mengatakan program studi terbanyak dalam SBMPTN di Unja tersebut adalah untuk bidang saintek yang meliputi kedokteran, teknik, kimia, fisika dan matematika. Sedangkan pada urutan kedua terbanyak pada bidang soshum yang meliputi hukum, psikologi dan manajemen.

Jumlah calon mahasiswa baru di Unja yang merupakan universitas tertua di Provinsi Jambi itu yang masuk dalam bidang saintek sebanyak 1.298 orang dan kelompok bidang Sosum sebanyak 903 orang.

Selain itu bagi para calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui jalur SBMPTN, diwajibkan melakukan registrasi dan mengunggah dokumen melalui laman website htttp://www.unja.ac.id.

Calon mahasiswa baru juga agar dapat hadir sendiri dan tidak boleh diwakilkan pada hari Selasa hingga Kamis tanggal 20-22 Juni 2017 pada pukul 08.00-14.00 WIB di Bagian Akademik dan Kerjasama Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) di Kampus Pinang Masak Unja Mendalo Jl Raya Jambi-Bulian KM 15.

Dia juga menyebutkan, sebelumnya dari total peserta yang mengikuti ujian SBMPTN di Unja sebanyak 11.071 orang, diantaranya 10.911 orang mengikuti ujian Paper Based Testing (PBT) dan 160 orang yang mengikuti Computer Based Testing (CBT).

Dan bagi peserta yang belum beruntung masuk Universitas Jambi jangan berputus asa karena masih dapat mengikuti seleksi tahap ketiga yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah barat tahun 2017.

"Bagi peserta yang belum lulus SBMPTN, harus tetap semangat, karena masih ada tahapan ketiga penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri melalui seleksi mandiri," katanya Muthalib menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017