Jambi, Antarajambi.com - Pengelola Terminal Tipe A Alam Barajo Kota Jambi menyatakan situasi keamanan selama arus mudik dan balik sejak H-10 hingga Jumat (H+5) Idul Fitri di kawasan terminal tersebut kondusif.

"Selama penyelenggaraan angkutan arus mudik dan balik lebaran tahun ini berjalan kondusif, tidak ada kendala yang signifikan," kata Kepala Terminal Alam Barajo Kota Jambi, Desfredo di Jambi.

Dalam mengamankan areal terminal bus tersebut agar tidak terjadi hal yang diinginkan selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini, pihaknya menyiagakan sejumlah petugas yang juga berkordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

"Juga di terminal ini ada semacam polesan fasilitas sarana dan prasarana agar penumpang merasa nyaman dan aman saat akan berangkat dan turun di terminal ini," katanya.

Tim dari pihak kepolisian setempat kata Desfredo, juga telah menyambangi terminal dan mengimbau para pemudik untuk berhati-hati terhadap aksi premanisme dan aksi tindak kejahatan lainnya selama masa arus balik lebaran tahun 2017.

Dia mengatakan saat ini arus balik di teminal bus tersebut sudah mulai terjadi yang ditandai dengan kedatangan dan keberangkatan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari pulau Jawa dan Sumatera yang memasuki terminal itu.

"Pagi tadi sudah ada lima unit bus dari pulau Jawa dan bus-bus AKAP dari derah lainnya yang memasuki terminal, kita prediksi angkutan masih akan berdatangan ke terminal pada arus balik ini," ujar Desfredo.

Sementara itu berdasarkan tabulasi data yang masuk di posko Terminal Bus Alam Barajo Kota Jambi selama arus balik tercatat terdapat 31 bus AKAP dengan pernumpang sebanyak 429 orang yang tiba dan datang di terminal tersebut.

Sedangkan untuk keberangkatan tercatat ada 50 unit bus AKAP dengan manifes penumpang sebanyak 750 orang dengan tujuan berbagai daerah di pulau Jawa dan Sumatera, katanya menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017