Jambi, Antarajambi.com - Peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah barat 2017 ke Universitas Jambi berasal dari 22 provinsi di Indonesia.

"Dari 4.363 peserta SMMPTN ke Universitas Jambi berasal dari 22 provinsi, termasuk peserta dari Malaysia," kata Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan didampingi Kepala Humas Unja Akbar Kurnia Putra di Jambi, Selasa.

Ia menyebutkan, animo lulusan SMA dari sejumlah daerah di di Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, termasuk dalam penyelenggaraan SMMPTN tahun ini.

Rektor menyebutkan dengan peningkatan peserta seleksi masuk Unja dari luar provinsi, menunjukkan perguruan tinggi itu menjadi pilihan bagi para lulusan SMA dan sederajat di Indonesia.

Menurut dia, dengan  diselenggarakannya seleksi mandiri ini Unja mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas serta ikut meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi.

"Melalui tiga saluran seleksi ini, Unja merekrut sebanyak mungkin mahasiswa dari putra daerah Jambi, namun di sisi lain banyak pula peminat dari luar provinsi Jambi," katanya.

Unja juga mencatatkan jumlah peminat kedua terbanyak dalam SMMPTN wilayah Barat tahun 2017 yang diikuti 16 perguruan tinggi. Tahun ini perguruan tinggi negeri tertua di Jambi itu juga mentargetkan penerimaan sekitar 7.000 mahasiswa baru pada tahun ini dengan penjaringan 35 persen dari SNMPTN, 35 persen dari SBMPTN dan 30 persen dari SMMPTN. Perguruan tinggi itu juga membuka jalur penerimaan khusus bagi hafidz Al-Quran 30 juz.

Sementara itu tahapan seleksi SMMPTN wilayah barat ujian tulis digelar Sabtu, sedangkan ujian praktik keterampilan tuntas digelar Senin (10/7) kemarin. Ujian praktik digelar bagi peserta yang akan masuk ke program studi ilmu keolahragaan sebanyak 58 peserta dan program ilmu budaya sebanyak 39 peserta.

Kepala Humas Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra menyebutkan, pengumuman hasil seleksi SMMPTN akan dilakukan pada 18 Juli 2017 melalui laman http://www.smmptnbarat.id.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017