Jambi, Antarajambi.com- Pemerintah Kota Jambi memperkuat kerja sama dengan pemerintah Singapura dalam berbagai bidang yang menguntungkan kedua belah pihak.

Setelah jamuan makan malam bersama jajaran Pemkot Jambi, Kamis (27/7) malam, Menteri Singapura Bidang Pertahanan dan Luar Negeri Dr Mohammad Maliki Osman mengatakan, Kota Jambi merupakan mitra kerja sama yang potensial karena secara geografis berdekatan.

Dia mengatakan salah satu upaya awal yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan kepada ASN Pemkot Jambi di Singapura. 

Pelatihan peningkatan kapasitas ASN tersebut telah dilakukan, yang mana sebelumnya Pemkot Jambi telah mengirimkan beberapa ASN untuk belajar ke negara itu.

Menteri Singapura Dr Mohammad Maliki mengatakan bertepatan dengan peringatan ke-50 hubungan diplomatik Indonesia-Singapura, dirinya telah mengunjungi beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Kota Jambi.

Kunjungan tersebut selain meningkatkan tali silahturahim kami berharap adanya kerjasama dengan Pemerintah Kota Jambi, katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan selain program kerja sama peningkatan kapasitas ASN, juga ada beberapa program kerja sama yang bisa dikombinasikan antara keduanya.

"Menteri tadi sudah melihat Kota Jambi, dan ini akan bisa dikerja samakan, karena kita melihat kemajuan di Singapura," kata Fasha.

Fasha mengatakan, pihaknya telah mengirimkan beberapa ASN di lingkup pemerintahannya untuk belajar meningkatkan kapasitas ke Singapura. 

Dari program itu menurutnya, saat ini tingkat kapasitas dan wawasan etos kerja ASN yang telah belajar ke Singapura itu telag berubah dan cukup baik.

"Ini suatu perbaikan dan saya sudah katakan, kita bisa melihat dan belajar ke luar," kata Fasha menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017