Jambi, Antarajambi.com - Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina memastikan pasokan  bahan bakar avtur untuk penerbangan haji di Bandara Sultan Thaha Jambi, tersedia cukup dan dapat memenuhi permintaan yang diajukan maskapai penerbangan.

"Stok avtur yang terdapat di DPPU Bandara Jambi tidak ada kendala. Kita sudah siapkan stok avtur sehingga permintaan dari maskapai penerbangan dapat terpenuhi," kata Junior Supervisor RSD pada DPPU Bandara Sultan Thaha Jambi Jhoni di Jambi, Selasa.

Pasokan avtur di DPPU bandara tersebut, kata dia, didatangkan langsung dari Refinery Unit (RU) III Plaju, Sumatera Selatan, yang setiap harinya mendapat suplai 64 kl.

DPPU Pertamina di Bandara Sultan Thaha Jambi selalu menjaga dan memiliki ketahanan stok bahan bakar avtur untuk 8 hingga 11 hari dengan stok yang tersedia dalam sepekan itu mencapai 250-300 kl.

Untuk penerbangan angkutan haji, menurutnya, terdapat tiga pesawat yang akan melayani penerbangan haji dan berdasarkan permintaan tahun 2016, setiap satu pesawat mengajukan permintaan sebanyak 2.000 liter.

"Informasi awal dari pihak Angkasa Pura II di Bandara Jambi, nantinya setiap hari ada tiga pesawat terbang yang akan melayani penerbangan haji, dan kita siap untuk memasok avtur itu sesuai dengan permintaan," katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, telah menetapkan moda angkutan domestik untuk pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) 2017 asal provinsi itu yang mulai diberangkatkan pada 18 Agustus 2017.

CJH asal Jambi itu akan diberangkatkan mengunakan angkutan udara milik maskapai Sriwijaya Air dari Bandara Jambi menuju Bandara Hang Nadim Batam.

Pada musim haji tahun 2017, Provinsi Jambi memberangkatkan sebanyak 2.922 CJH dan ditambah 35 orang petugas yang terbagi enam kloter.

Proses keberangkatan kloter pertama akan dimulai pada Kamis 17 Agustus 2017, yaitu masuk asrama haji pukul 13.00 WIB. Kemudian Jumat 18 Agustus 2017 pukul 15.00 WIB berangkat menuju Batam dan pada pukul 20.20 WIB dari Batam berangkat menuju Arab Saudi.

Kemudian disusul oleh kloter selanjutnya yang berselang satu hari, yakni pada Jumat 18 Agustus 2017 mulai masuk asrama haji. Proses pemberangkatan semua kloter akan berlangsung hingga Kamis 24 Agustus 2017.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017