Jambi,Antarajambi.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Batanghari meminta kepada seluruh warga di dalam wilayah Kabuoaten Batanghari waspada akan penyakit diare mengingat datangnya musim kemarau dan juga berdampak kepada kekurangan air bersih.

" Jika kemarau panjang terjadi, kita juga akan kekurangan air bersih. Sehingga masyarakat akan sulit mendapat air bersih untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk air minum, memasak dan cuci tangan, sehingga tidak menutup kemungkinan mudah terkena diare," kata dr Elvi Plt Dinkes Batanghari, Senin.

Ia mengatakan, pada musim kemarau ini pihak Dinkes sudah mengantisipasi datangnya penyakit ini dan akan memberikan ribuan masker untuk pelindung pernapasan pada musim tersebut.

" Termasuk melindungan pernapasan warga dengan memakai masker dan kemungkinan nanti cuaca akan di selimuti asap dari kebakaran yang terjadi di Provinsi Jambi ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, mengantisipasi warga terkena penyakit ini, pihaknya juga mengediakan obat-obatan di puskesmas dan postu di dalam wilayah Batanghari. Dan jika ada masyarakat yang diserang diare segera ke Puskesmas dan bahkan bisa juga dirujuk kerumah sakit.

Sementara itu, selain dari itu pihak Dinkes Batanghari juga siap menghadapi jika nantinya terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Bahkan pihak dinkes siap memberikan obat-obatan kepada warga yang terserang penyakit diare dan penyakit lainnya.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017