Muarabulian, Antarajambi.com - Dinas Sosial Kabupaten Batanghari memulangkan sejumlah gelandangan dan orang terlantar yang berasal dari provinsi lain di Sumatera.

"Tahun ini sebanyak 16 gelandangan pengemis, termasuk enam diantaranya dari luar Jambi telah dipulangkan ke daerah asalnya," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Batanghari Sukri di Muarabulian Kabupaten Batanghari, Senin.

Menurut dia, kegiatan pengawasan dan penanganan orang terlantar dilakukan oleh dinas itu setiap tahun. Termasuk dari Januari hingga Agustus 2016 sebanyak 16 orang telantar itu dibina di Bagian Rehabilitasi Dinas Sosial Batanghari.

Sedangkan mereka yang mengalami gangguan ingatan, mendapat penanganan di RS Jiwa Kota Jambi.

Ia mengatakan mereka yang sebelumnya hidup menggelandang itu berasal dari sejumlah kota di Sumatera seperti dari Medan, Padang dan Aceh. Pihaknya telah memulangkannya ke daerah asal masing-masing

"Terkadang keberadaan mereka membuat warga menjadi resah. Menyikapi hal tersebut dan sesuai dengan program kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya, kamio  berupaya aktif melakukan pengawasan dan penanganan," katanya.

Bagi mereka yang bisa dibina, dilakukan pembekalan sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Tujuannya  agar mereka bisa produktif dan tidak lagi menjadi orang terlantar atau tergantung kepada orang lain.

Para orang terlantar itu selain dari hasil operasi penertiban, juga limpahan dari kepolisian yang menemukan mereka dan menyerahkan untuk dilakukan penanganan masalah sosial.

"Sebagian berasal dari beberapa kecamatan di Batanghari, tapi ada juga yang dari luar Provinsi Jambi," kata Sukri menambahkan.***4***

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017