Jambi, Antarajambi.com - Sebanyak 7.500 mahasiswa baru Universitas Jambi (Unja) mengikuti upacara pringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 yang digelar di lapangan depan Balaiirung Kampus Unja Mendalo Kabupaten Muari Jambi, Kamis.

"Kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI yang melibatkan mahasiswa di Kampus Unja kami hidupkan kembali setelah terakhir kegiatan ini digelar tahun 1971. Kami tanamkan kembali nilai kebangsaan dan cinta tanah air melalui kegiatan HUT kemerdekaan ini," kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan di Jambi, Kamis.

Selain melibatkan mahasiswa baru yang baru menyelesaikan pengenalan kehidupan kampus  (PKK) yang diwajibkan mengenakan seragam putih dan hitam, juga diikuti oleh seluruh unsur pimpinan Universitas Jambi seperti wakil rektor, guru besar, kepala unit, kepala biro, dosen, karyawan serta staf baik tetap maupun kontrak.

Rektor H Johni Najwan bertindak sebagai inspektur upacara paga apel peringatan HUT Kemerdekaan RI yang kembali dihidupkan kembali di kampus itu. Para peserta upacara mengikuti setiap tahapan dengan khidmat hingga berakhirnya upacara.

"Selain mahasiswa, para dosen pengajar dan karyawan juga cukup komplit. Sekitar 90 persen mereka hadir pada agenda itu," kata Johni.

Kendati kegiatan upacara HUT Kemerdekaan baru kembali dihidupkan di kampus itu, namun ia melihat respon dari para mahasiswa sangat baik dengan kehadiran yang maksimal. Ia berharap tak hanya kehadiran mereka dalam upacara itu saja, tapi yang lebih utama adalah mampu memaknai lebih dalam dari Proklamasi Kemerdekaan serta perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu Rektor Unja menyatakan generasi muda saat ini tidak hanya menerima estafet kemerdekaan namun juga harus berjuang lebih keras lagi untuk membawa bangsa ini bisa berdaya saing secara global dengan berpegang teguh dan tahu makna serta mengimplementasikan Pancasila, UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika.

"Pada pendiri bangsa telah mewariskan nilai-nilai yang menjadi pedoman bangsa ini, dan itu perlu ditanamkan dalam diri masing-masing," katanya.

Dengan tagline HUT ke-72 Republik Indonesia Kerja Bersama Mebangun Negeri harus dimaknai dan semangatnya harus diimplementasikan bahwasannya dalam membangun negeri harus dilakukan secara bersama-sama dan satu tujuan.

"Kemerdekaan diraih melalui perjuangan bersama-sama, dan pembangunan juga harus dilakukan secara bersama. Keanekaragamaan yang ada merupakan anugerah dan bila bersatu itu adalah sebuah kekuatan besar untuk membangun," kata Johni Najwan.

Sementara itu kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI di kampus itu dimeriahkan berbagai lomba seperti lomba bazar, memasak, permainan rakyat serta lainnya.
      

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017