Sangihe, Antarajambi.com - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Benhard Pilat mengatakan Pemerintah Kabupaten Sangihe sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan dermaga pelabuhan TNI Angkatan Laut.

"Kami sudah siapkan lahan untuk pembangunan dergama Angkatan Laut di kecamatan Tamako," kata Benhard Pilat di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, pemerintah kabupaten menyiapkan beberapa lokasi untuk pembangunan dermaga TNI AL, namun dari hasil survei pimpinan TNI AL Tahuna menentukan Teluk Dagho di Kampung Pananaru lebih cocok.

"Komandan TNI AL Tahuna memilih Teluk Dagho yang paling strategis untuk pembangunan dermaga," kata dia.

Dengan dipilihnya Teluk Dagho sebagai lokasi pembangunan dermaga, pemerintah kabupaten langsung menindaklanjuti dengan mengadakan rapat yang dipimpin oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana.

Menurut dia hasil rapat yang digelar di ruang rapat Bupati ditetapkan Kampung Pananaru sebagai lokasi pembangunan dermaga TNI AL.

"Semua peserta rapat sepakat lokasi pembangunan dermaga TNI AL ditempatkan di Kampung Pananaru, Kecamatan Tamako," kata dia.

Dia mengatakan besaran lahan yang diminta pihak TNI pasti akan disiapkan pemerintah kabupaten.

"Pemerintah kabupaten sudah menyetujui untuk menyiapkan lahan 24 hektare sebagai kawasan pangkalan TNI AL di Pananaru," kata dia.

Dia berharap proses selanjutnya bisa berjalan dengan baik sehingga pembangunannya  sudah bisa dimulai. "Kami berharap pembangunan dermaga serta fasilitas TNI AL lain di Pananaru bisa segera dimulai," kata dia.

Pewarta: Jerusalem Mendalora

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017