Jambi, Antarajambi.com - Penampilan drama kolosal Pahlawan Jambi Sultan Thaha Syaifuddin memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI di jajaran Korem 042/Garuda Putih, Jambi, Kamis.

Drama kolosal tersebut mengkisahkan perjuangan Pahlawan Jambi, Sultan Thaha dalam upaya mengusir penjajah Belanda yang ingin menguasai wilayah Jambi.

Drama yang ditampilkan usai upacara peringatan HUT ke-72 TNI 5 Oktober itu dipusatkan di lapangan Makorem melibatkan pelajar dan prajurit jajaran Korem 042/gapu.

Kisah pejuang Jambi Sultan Thaha sebelum kemerdekaan RI itu berhasil mengusir penjajah belanda. Yang mana tindakan penjajah telah meresahkan masyarakat di daerah itu karena mereka berniat merebut wilayah serta meminta upeti kepada rakyat Jambi.

Dalam perjuangannya, Sultan Thaha membagi kekuasan daerah kepada bawahannya di aliran-aliran sungai. Mulai dari Tanjung Jabung hingga Kerinci.

Sedangkan Sultan Thaha sendiri memimpin wilayah Betung Bedarah (Kabupaten Tebo). Namun keberadaan Sultan Thaha diketahui Belanda sehingga pasukan Belanda menyerbu persembunyian pejuang Jambi itu.

Kontak senjata antara pejuang dan pasukan Belanda pun terjadi di Betung Bedarah, namun Sultan Thaha yang hanya bersenjata Keris Siginjai akhirnya dilumpuhkan oleh pasukan Belanda.

"Selain menampilkan drama kolosal Pahlawan Sultan Thaha, jajaran Korem juga menampilkan bela diri Yongmodo yang ditampilkan prajurit 142/Ksatria Jaya dan pameran alutsista serta syukuran HUT," kata Kepala Penerangan Korem 042/Gapu, Mayor Inf Jasman Bangun.

Dalam upacara peringatan HUT TNI di Makorem Jambi, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri seluruh Forkopimda Jambi, sementara Danrem 042/Gapu menghadiri HUT TNI di Cilegon.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017