Jambi, Antarajambi.com – Pemerintah Kabupaten Batanghari  pada tahun 2018 akan meningkatkan kawasan Ruang Terbuka Hijau atau RTH. 

"Tahun 2018 akan dibangun beberapa kawasan RTH di Kabupaten Batanghari tepanya di tiga kecamatan, salah satunya di Kecamatan Muara Bulian, tepatnya disepanjang jalan Jenderal Sudirman," kata  Kepala Dinas PUPR Batanghari Zukifli di Muara Bulian, Jumat.

Pembangunan RTH bertujuan meningkatkan kawasan RTH di kabupaten tersebut, mengingat saat ini kawasan RTH di kabupaten tersebut masih sangat minim. Selain itu potensi di beberapa wilayah dalam kabupaten tersebut sangat menjanjikan untuk dibangun RTH.

"kita akan coba optimalkan beberapa titik lokasi dibatanghari untuk dijadikan RTH, selain masih minimnya kawasan RTH, hal ini kita lakukan untuk menciptakan kesan indah dalam kawasan perkotaan melalui pembangunan RTH tersebut,” katanya menjelaskan.

Terpisah, menurut dinas lingkungan hidup, kawasan ruang terbuka hijau dikabupaten batanghari saat ini masih sangat minim. Dimana dari 5.180,35 km luas wilayah Kabupaten tersebut, RTH yang ada hanya seluas 2,5 hektar saja. RTH tersebut diantaranya Taman Remaja di Kecamatan Muara Tembesi dan Hutan Kota yang berada di Kecamatan Muara Bulian.

"Memang saat ini kawasan rth yang kita buat masih sangat minim, luasnya baru mencapai 2,5 hektar dari luas wilayah Kabupaten Batanghari, itu artinya masih berada di bawah 30 persen. Seharusnya RTH dalam kabupaten atau kota luasnya mencapai 30 persen dari luas wilayah,” kata Zamhuri  Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas  Lingkungan Hidup di Muara Bulian.

Meski demikian, peningkatan kawasan ruang terbuka hijau di kabupaten tersebut terus diupayakan oleh pemkab setempat. 

Pada tahun 2017  diwacanakan bebrapa pembangunan di beberapa titik dalam wilayah kabupaten tersebut. 

"Kita telah wacanakan pembangunan kawasan rth di batanghari dengan melibatkan dinas terkait, seperti Dinas PUPR, Perkim dan dinas lainnya. Tahun 2018  akan terealisasi,” katanya.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017