Muarojambi, Antarajambi.com  - Kabupaten Muaro Jambi menjadi tuan rumah Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) atau lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi Jambi yang digelar di Pesantren Nurul Iman Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, 19-22 Oktober 2017.

"Kegiatan musabaqah qiroatil kutub ini   merupakan ajang mengekpresikan kemampuan  para santri pondok pesantren di Provinsi Jambi dalam  membacakan isi kitab kuning yang kajiannya tentang ilmu-ilmu Islam," kata Bupati Masnah Busyro di Jambi, Jumat.

Kegatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar  yang dihadiri oleh para pemimpin pondok pesantren, santri dan institusi  terkait.

Menurut Bupati Masnah, melalui kegiatan lomba itu  bisa memperkuat fungsi pesantren yakni melestarikan warisan pengetahuan Islam yang diperoleh secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengimbau kepada para santri untuk memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturahim sekaligus lebih giat lagi mengkaji kitab dalam aktivitasnya mencari ilmu di pesantren.

Bupati perempuan pertama di Provinsi Jambi itu menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jambi yang telah menunjuk Muarojambi sebagai tuan rumah kegiatan itu.

"Kami mengapresiasi Provinsi Jambi yang  telah mempercayai Kabupaten Muaro Jambi menjadi tuan rumah MQK, sebuah kegiatan yang sangat mendukung pembinaan umat," kata bupati.

Bupati Masnah juga mengapresiasi pengasuh dan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman yang menjadi tempat diselenggarakannya MQK tingkat provinsi itu. 

"Pelaksanaan Perlombaan MQK ini berlangsung selama empat hari, kami berharap peserta bisa tampil dengan kemampuan maksimal," kata Masnah. 

Ia meminta para peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya dan menadikan ajang itu untuk meningkatkan pengetahuan serta menjalin silaturrahmi sesama santri pondok pesantren," kata  Bupati Masnah menambahkan.

Pewarta:

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017