Jambi, Antarajambi.com - Taman Jodoh akan hadir di dekat kompleks percandian Muaro Jambi di Kabupaten Muarojambi sekaligus menambah variasi wisata dan daya tarik bagi pengunjung khususnya kawula muda.

"Sepertinya menarik juga, sayangnya taman ini belum rampung dibangun. Mungkin oleh warga sini," kata Alan, salah seorang pengunjung bersepeda yang singgah di Taman Jodoh itu, Minggu.

Taman Jodoh yang sedang  dibangun berlokasi di samping luar Telago Rajo di Kompleks Percandian Muarojambi. Dari taman Telago Rajo tinggal menyeberang menggunakan jembatan yang telah tersedia.

Di taman yang baru dibangun itu, juga dibuatkan fasilitas saung, bangku-bangku, jembatan kayu, serta beberapa fasilitas lainnya yang semuanya terbuat dari kayu.

Bahkan sebuah rumah pohon juga tengah dibangun di lokasi itu. Rumah pohon itu terdiri dari tiga lantai dengan ukuran dua meter kali tiga meter di sebuah batang pohon.

"Rumah pohonnya belum rampung, belum ada atapnya. Tapi menarik juga bagi pengunjung khususnya remaja," kata pengunjung itu.

Ia memperkirakan Taman Jodoh itu akan ramai dikunjungi oleh pengunjung,  karena memiliki keunikan dan terletak di dekat kebun karet di sana.

Di bagian depan taman itu, tertulis pada papan "Taman Jodoh" yang dibuat dari kayu yang dipaku. 

Selain Taman Jodoh, sejumlah warga juga tengah membangun beberapa fasilitas di kebun mereka untuk memanfaatkan momen kunjungan di kompleks percandian terluas di Indonesia itu. 

"Insiatif warga patut diapresiasi untuk mendukung pengembangan wisata Candi Muarojambi ini, namun tetap harus tertata dan koordinasi, sehingga estetika obyek wisata tetap terjaga," kata Ny Linda salah seorang pengunjung. 

Ia menyayangkan makin banyaknya kios-kios pedagang yang membuat sendiri bagunan kios mereka hingga di tengah kompleks percandian. 

"Dulu belum sebanyak ini, ini perlu ditata sehingga estetika obyek wisata ini tetap terjaga," katanya. 

Sementara sekilometer  menjelang gerbang Percandian Muarojambi, juga telah hadir kawasan  "Umo Teluk" yang menghadirkan fasilitas wisata alernatif yang merupakan kolaborasi pesawahan, kolam, tempat foto, serta lainnya. Lokasi itu kerap menjadi tempat para kawula muda dan anak-anak untuk swafoto.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017