Jambi, Antarajambi - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Ar Syahbandar meminta Pemerintah Provinsi Jambi berbenah soal kerja sama pengelolaan Pulau Berhala antara Kebupaten Tanjungjabung Timur dan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

"Pemprov juga perlu berbenah untuk mengoptimalkan kerja sama yang dilakukan ini," katanya di Jambi, Selasa.

Syahbandar mengatakan, kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Timur dan Lingga soal pengelolaan Pulau Berhala yang secara de facto masuk wilayah Provinsi Kepri itu diharapkan mengeratkan hubungan baik antara Provinsi Jambi dan Kepri.

"Kerja sama ini di sambut baik oleh berbagai kalangan dengan harapan Pulau Berhala semakin diminati wisatawan nusantara maupun mancanegara," katanya.

Syahbandar mengatakan, dengan kerja sama ini Pemprov juga harus melakukan persiapan, seperti melakukan perhitungan asset yang sebelumnya sudah dibangun.

Menurutnya lagi, kerja sama ini merupakan langkah yang baik dan banyak dampak bagi Provinsi Jambi, salah satunya meningkatkan PAD dari sektor wisata dimana akses ke Pulau Berhala lebih dekat melewati Jambi.

"Jelas selain pariwisata sektor lain juga akan hidup, terutama sektor perekonomian pendukung," katanya menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola berharap agar kerja sama yang dijalin oleh Kabupaten Tanjungjabung Timur dan Kabupaten Lingga bisa berdampak positif dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, terutama bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dua kabupaten tersebut.

"Perjanjian kerjasama ini sebagai lanjutan kesepahaman yang dibangun antar kedua kabupaten itu," kata Zola.

Pemprov kata Zola sangat mendukung kabupaten/kota melakukan kerja sama dengan kabupaten lain, agar kemakmuran bisa tercapai dan bisa menghindari konflik antar daerah. Dengan adanya perjanjian tersebut meningkatkan kerjasama di semua bidang.

Sebelumnya Bupati Tanjungjabung Timur dan Bupati Lingga menandatangani perjanjian tentang kerjasama pembangunan peningkatan perekonomian di bidang perikanan, perternakan dan pengelolaan Pulau Berhala, dan penandatanganan batu bertulis sebagai monumen pariwisata di Kabupaten Lingga.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017