Muarabulian, Antara Jambi – Produksi ikan Kabupaten Batanghari hingga semester tiga tahun 2017  mencapai 8.000 ton mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan produksi pada 2016.

"Hingga smester tiga tahun ini produksi ikan di Batanghari sudah mencapai 8.000 ton lebih, perkiraan produksi ikan tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Mutu Pembenihan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari  Desy Zakwan di Muara Bulian, Sabtu.

Ia mengatakan  pada tahun 2016 produksi ikan di batanghari sebesar 9.700 ton, sementara itu semester tiga pada tahun ini sudah mencapai 8.000 ton lebih, diperkirakan sampai dengan akhir tahun produksi ikan di daerah itu mencapai 10.000 ton lebih.

Sementara itu, dinas perikanan dan ketahanan pangan menargetkan produksi ikan di tahun 2017 ini sebanyak 11.000 ton.

Dari hasil produksi ikan itu, kata dia diestimasi telah mencukupi kebutuhan ikan di daerah itu. Sebagian besar pembudidaya ikan di daerah itu menjual ikannya keluar daerah.

"Banyak petani budidaya kita yang menjual ikan keluar daerah karena kebutuhan ikan di daerah kita telah terpenuhi, diantaranya pembudidaya menjual ikan-ikannya ke Bungo, Sarolangun,  Linggau bahkan ada yang menjual ke provinsi lain,” kata Zakwan.

Konsumsi ikan di daerah itu sebanyak 35Kg per kapita pertahunnya. Meningkat dari tahun sebelaumnya yang mencapai 34Kg per kapita pertahun. Akan tetapi konsumsi ikan tersebut masih berada di bawah target konsumsi ikan nasional sebesar 47 kg perkapita per tahun.

"Konsumsi ikan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tingkat kesejahteraan masyarakat, tingkat produksi dan kemampuan dari pada masyarakat kita,” katanya menambahkan.

Sebagian besar pembudidaya ikan di daerah itu memproduksi jenis-jenis ikan air tawar seperti ikan nila, patin, gurami dan ikan lele. Dimana sentra produksi ikan di daerah itu berada di kecamatan Pemayung dan Kecamatan Muara Bulian.  

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017