Jambi (Antaranews Jambi) - Jumlah pergerakan penumpang yang berangkat dan datang melalui Bandara Sultan Thaha Jambi, Provinsi Jambi pada hari Natal dan H+1 arus balik tercatat sebanyak 11.498 orang.

"Jumlah penumpang pada hari H Natal tahun ini meningkat 17,41 persen dibanding hari yang sama tahun lalu, dan juga pada H+1 juga meningkat 20,63 persen," kata Junior Manager Operasional dan Pelayanan Bandara Sultan Thaha Jambi, Asep Kurniawan di Jambi, Rabu.

Dari total jumlah 11.498 orang penumpang pada periode tersebut, jumlah yang datang ke Jambi sebanyak 5.808 orang penumpang dengan dilayani 47 kali penerbangan, dan penumpang yang berangkat sebanyak 5.690 orang yang dilayani 47 kali penerbangan.

Sedangkan pada periode yang sama tahun 2016 jumlah penumpang yang datang 4.882 orang dan yang berangkat sebanyak 4.778 orang.

Peningkatan jumlah pergerakan penumpang melalui bandar udara itu, seiring dengan momen perayaan natal dan tahun baru yang berbarengan dengan libur anak sekolah.

Sementara itu, berdasarkan rekap data posko natal dan tahun baru, secara total pergerakan penumpang? dari H-7 hingga H+1 melalui terminal bandar udara Sultan Thaha Jambi mencapai 55.053 orang penumpang.

"Pergerakan penumpang yang melalui bandara tersebut, pertumbuhannya 15 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 47.975 penumpang," kata Asep menjelaskan.

Selain itu, total untuk pertumbuhan pegerakan maskapai penerbangan pada periode H-7 hingga H+1 natal mencapai 422 frekuensi penerbangan atau tumbuh 21 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 348 frekuensi.

Setiap hari Bandara Sultan Thaha Jambi melayani sekitar 47 jadwal penerbangan domestik dari dan ke Jambi dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini ada delapan maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Batik Air, Wings Air dan Susi Air.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017