Jambi (Antaranews Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pelaksanaan "Expo" Jambi 2018 merupakan refleksi kemajuan pembangunan Provinsi Jambi yang ditopang 11 kabupaten/kota di provinsi itu.

"Pameran ini dibuat dan dipersiapkan dengan maksimal, untuk memamerkan produk-produk khas keunggulan baik itu dari 11 kabupaten/kota maupun dari dinas/instansi Pemprov Jambi. Sengaja saya buat ini harus bagus, harus maksimal karena nanti akan ada kompetisi yang paling bagus," katanya saat meninjau "Expo" Jambi 2018 tersebut, Sabtu.

Pelaksanaan "Expo" Jambi 2018 yang dipusatkan di lapangan depan kantor gubernur Jambi itu dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Sherrin Tharia Zola.

Pameran dilaksanakan 6-11 Januari diikuti oleh 11 kabupaten/kota dan OPD Pemprov Jambi dengan menampilkan kekayaan, unggulan serta inovasi dari setiap peserta.

Zola saat meninjau "Expo" 2018 dalam rangkaian HUT ke-61 Provinsi Jambi itu didampingi Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Soni Sumarsono, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston dan Sekda Provinsi Jambi, M.Dianto.

Zola berharap pameran tersebut tidak hanya berisi foto-foto tetapi berisi refleksi tentang informasi pembangunan.

"Tapi saya berharap jangan sampai ada stand-stand hanya berisi foto saja, tetapi apa yang bisa dibeli, apa yang bisa ditawarkan kepada masyarakat ," ujarnya.

Zola juga mengundang seluruh masyarakat Jambi untuk datang melihat perkembangan di Provinsi Jambi, hingga penutupan pada 11 Januari mendatang.

"Banyak yang bisa dibeli, ada juga Suku Anak Dalam (SAD) salah satunya memiliki kerajinan tangan. Dengan pameran ini kita bisa bangga dengan Jambi, yang biasanya belum sempat datang ke kabupaten/kota ini bisa dilihat apa saja yang dilakukan dan pembangunan di setiap kabupaten/kota," katanya lagi.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono, mengatakan inti dari "expo" ini sebenarnya adalah menunjukkan kinerja secara nyata di lapangan dalam konteks produksinya.

"Saya melihat bahwa pameran ini sangat bagus dalam arti kata pameran ini adalah refleksi dari pembangunan, banyak inovatif, kreasi luar biasa yang menjadi unggulan Jambi, dan hal ini jika kita olah akan banyak mendatangkan investor," kata Soni.

Menurutnya, kemajuan inovasi ini pasti secara otomatis karena pembinaan yang baik, untuk itu diperlukan banyak variasi yang dikembangkan karena kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan.

"Tetapi jangan lupa inovasi ini bagaimana bisa diketahui oleh masyarakat, pameran semacam ini harus diketahui publik, untuk datanya dan inovasi dari SKPD harus bisa menjelaskan. Ini luar biasa, saya apresiasi sekali dan harapan saya tahun depan akan lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Sherrin Tharia Zola mengatakan jika dilihat dari pameran tersebut, UMKM dari 11 kabupaten kota sudah sangat berkembang dengan baik.

Dengan diadakannya pameran ini Sherrin berharap kabupaten/kota dapat terus belajar dan saling berbagi mengenai kemajuan-kemajuan yang ada di setiap wilayah masing-masing.

"Melihat pameran ini, kita dapat katakan bahwa Provinsi Jambi dari setiap 11 kabupaten/kota telah memiliki perkembangan yang sangat baik dan inovasi yang sangat baik, baik dari produk UMKM, pertanian serta inovasi-inovasi yang dilakukan sangat membanggakan," kata Sherrin.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018