Jambi (Antaranews Jambi)  - Pasangan calon walikota dan wakil walikota Jambi, Abdullah Sani- Kemas Faris Alfarizi (Sani-Izi) diiringi kesenian Reog Ponorogo saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu sore.

Sani-Izi maju sebagai calon walikota dan wakil walikota diusung oleh dua partai yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pantauan Antara, pasangan ini pertama menggelar jumpa pers di Kantor DPD PAN Kota Jambi serta pelepasan ditandai dengan tabuhan kompangan, kemudian bergerak menuju KPU Kota Jambi.

Mendekati Kantor KPU pasangan ini terlebih dahulu menyapa simpatisan kemudian diiringi kesenian Reog Ponorogo serta kesenian tradisional lainnya seperti kuda lumping dan barongsai.

Pasangan ini semula hanya didukung PDIP, tentu itu tidak mencukupi hitungan kursi di DPRD, namun di hari terakhir pendaftaran DPW PAN Provinsi Jambi yang dikomandoi Zumi Zola (gubernur Jambi) merekomendasikan dukungan pada pasangan ini.

Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Zumi Zola sebelum melepas pasangan tersebut mendaftar ke KPU, menegaskan jika ingin memenangkan Pilkda Kota Jambi semua kader harus berjuang.

"Kalau mau menang harus "all out" berjuang untuk mereka, jangan setengah-setengah. Ini saya sampaikan untuk memastikan kader PDIP dan PAN, bekerjasama dan berjuang," kata Zola.

Namun dalam berjuang memenangkan pasangan calon, kata Zola haruslah dilakukan dengan cara santun, bagimana mendidik masyarakat berpolitik dengan dewasa.

"Tidak perlu dengan cara-cara yang tidak baik, jika kita lakukan dengan cara baik mudah-mudahan hasilnya juga baik," ujarnya.

Menurutnya lagi, Pilwako Jambi bukan tentang Sani-Izi atau PAN dan PDIP, tapi semata-mata untuk masyarakat Jambi.

"Kita cam kan itu jangan pernah berubah, dan saya berkeyakinan serta mohon ridho-NYA dan doa masyarakat. Dengan komitmen yang kuat kita bisa berbuat banyak," ujarnya.

Sementara pasangan calon Sani-Izi mengatakan bahwa perjuangan yang mereka lakukan adalah untuk masyarakat Jambi. "Kami berdua berharap dukungan, ini baru awal perjuangan kami," kata calon wakil walikota, Kemas Fariz Alfarizi.

Pilkada Kota Jambi diikuti dua pasangan calon, selain Sani-Izi ada Syarif Fasha-Maulana yang dijadwalkan mendaftar pada pukul 20.00 WIB.

Diketahui, Syarif Fasha (walikota) dan Abdullah Sani (wawako) adalah petahana. Namun pada periode ini mereka pecah kongsi dan siap bertarung memenangkan Pilkada 2018-2023.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018