Jambi (AntaraNews Jambi)-  Seorang wisatawan mancanegara atau yang dikenal bule ikut "menyadap" getah karet di kebun masyarakat di Desa Wisata Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Dalam akun resmi instagram @desawisata.muarojambi dengan tagar #muarajambi itu mengunggah foto seorang bule sedang menyadap karet. "Katanya karet itu bau.. tapi ni bule mau nyobain menyadap karet. Mau coba juga salah satu atraksi di desa wisata Muarajambi ini."

Menyadap karet di desa itu telah menjadi rutinitas masyarakat setempat. Aktifitas menyadap karet itu adalah mengambil getah karet atau lateks dengan cara melukai atau menggores kulit dari pohon karet.

Ketua Lembaga Desa Wisata Muarojambi Wawan Kurniawan dihubungi Antara Jambi, Senin (15/1) mengatakan, bule yang sedang menyadap karet itu diketahui merupakan seorang tamu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke desa wisata tersebut.

"Dia (bule) itu dari Italia yang kebetulan tamu di desa wisata kita, dia penasaran dan ingin mencoba apa yang dilakukan masyarakat, yaitu menyadap karet," kata Wawan.

Desa wisata Muarojambi itu berada di sekitar cagar budaya komplek percandian Muarojambi yang merupakan situs purbakala kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia.

Untuk menuju ke komplek percandian itu bisa ditempuh selama 40 menit menggunakan jalan darat yang berjarak 35 kilo meter dari bandara Sultan Thaha Jambi. *

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018