Jambi (Antaranews Jambi) – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Batanghari menyalurkan zakat kepada 5.141 orang mustahiq (orang yang berhak menerima) di daerah itu dengan jumlah dana sebanyak Rp1,55 miliar.

"Penyaluran zakat tersebut di bagi dalam dua tahap, tahap pertama ada 4.476 mustahiq dan tahap kedua ini ada 665 orang mustahiq," kata Ketua Baznas Kabupaten Batanghari Baihaqi Syam di Muarabulian, Selasa.

Mustqhiq yang menerima zakat dari baznas tersebut di bagi dalam beberapa golongan. Pertama golongan umum yang terdiri dari fakir dan msikin yang berjumlah 2.294 orang. Selanjutnya mustahiq di sekolah dan madrasah yang terdiri dari 2.847 orang.

Jumlah zakat yang diterima mustahiq tersebut setiap golongannya berbeda. Untuk mustahiq yang tergolong fakir akan menerima zakat sebesar Rp350 ribu, dan mustahiq yang tergolong miskin akan menerima zakat sebesar Rp300 ribu.

Pada tahun 2017 yang lalu zakat yang dihimpun baznas daerah itu jumlahnya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Zakat yang berhasil di himpun di tahun 2017 berjumlah Rp1,82 miliar, sementar pada tahun 2016 zakat yang di himpun berjumlah Rp1,45 miliar.

Sementara untuk infaq yang di himpun mengalami penurunan, pada tahun 2017 jumlah infaq yang berhasil dihimpun oleh baznas berjumlah Rp101,4 Juta dan pada tahun 2016 berjumlah Rp177,43 Juta.

Bupati batanghari Syahirsah mengatakan meski jumlah zakat yang berhasil di himpun mengalami kenaikan, namun dari segi jumlah zakat yang diterima oleh mustahiq tersebut tidak mengalami penambahan. Hal itu dikarenakan jumlah penerima zakat tersebut juga mengalami peningkatan.

"Oleh karena itu saya mengetuk pintu hati orang-orang yang di berikan rezeki yang berlebih untuk dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Batanghari," kata Bupati Batanghari Syahirsah.

Selain menyalurkan bantuan zakat untuk mustahiq di daerah itu, Baznas di daerah itu juga memberikan bantuan berupa biaya pendidikan kepada putra dan putri daerah itu yang menjalani pendidikan di luar negeri seperti Sudan dan Mesir.

"Cita-citanya Kabupaten Batanghari kedepan memiliki ulama per jurusan, seperti ahli tafsir, hadis dan tauhid," kata Baihaqi menambahkan.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018