Jambi, Antaranews Jambi - Kuota calon jamaah haji Kabupaten Batanghari pada tahun 2018 berjumlah 121 orang, menurun dari tahun sebelumnya yang berjumlah 129 orang. 

 

"Kuota calon jamaah haji kita tahun ini cenderung menurun, hal itu dikarenakan calon jamaah haji yang diberangkatkan berdasarkan jumlah calon jamaah haji yang mendaftar di tahun yang sama,” kata Kepala Seksi Haji Kemenag Batanghari M Haris di Muarabulian, Jumat.

 

Calon jamaah haji daerah itu yang berangkat pada tahun ini merupakan calon jamaah haji yang mendaftar ibadah haji pda tahun 2010.

 

Sementara itu terkait penambahan kuota calon jamaah haji, M Haris mengatakan dirinya tidak dapat memastikan ada atau tidak penambahan tersebut. Hal itu dikarenakan sampai saat ini belum ada petunjuk dari kanwil maupun dari pemerintah pusat.

 

Meski belum mendapatkan petunjuk dari pemerintah pusat dan kanwil, kemenag daerah itu pada tahun ini akan mengusulkan calon jamaah haji lansia untuk dapat menunaikan ibadah haji di tahun ini.

 

"Tahun lalu ada 43 orang calon jamaah haji lansia yang kita usulkan, alhamdulillah ada tiga orang yang di setujui. Dan tahun ini akan kita usulkan kembali," kata M Haris.

 

Calon jamaah haji di daerah itu di dominasi oleh calon jamaah haji yang berdomisili di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Mersam. Selain di sebabkan tingkat perekonomian masyarakatnya, kepadatan penduduk di wilayah itu juga mempengaruhi jumlah kuota calon jamaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tersebut.

 

Saat ini, antara daftar tunggu dan jumlah calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di daerah itu tidaklah seimbang.

 

Setiap tahunnya jumlah calon jamaah haji yang berangkat di daerah itu tidak lebih dari 150 orang, sementara daftar tunggu calon jamaah haji di daerah itu sampai saat ini sudah mencapai 3.400 orang.

 

"Tingginya angka daftar tunggu calon jamah haji tersebut dikarenakan jumlah calon jamaah haji yang berangkat dalam satu tahun tidak seimbang dengan jumlah calon jamaah haji yang mendaftar," katanya menambahkan.

 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018