Jambi, Antaranews Jambi - Polres Sarolangun melalui Polsek Air Hitam melakukan gerakan peduli pendidikan anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) dengan mengajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) di Desa Jernih Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. 

"Tujuan kami tentu, agar anak-anak SAD yang selama ini belum mengenyam pendidikan bisa mengenal huruf dan angka‎, sehingga bisa membaca dan menulis seperti anak-anak lainnya," kata Kapolsek Air Hitam Iptu CM Sitorus di Sarolangun, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan kepedulian Polri terhadap anak-anak suku anak dalam (SAD) yang ada di Sarolangun, terutama diwilayah tugasnya Kecamatan Air Hitam yang merupakan komunitas terbesar SAD yang ada di Sarolangun. Tepatnya di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD).

"Diharapkan dengan diberikan pengajaran, anak-anak SAD bisa mengenal huruf dan angka dan kedepan bisa membaca, menulis dan berhitung, seperti anak-anak pada umumnya. Sehingga, bisa menjadi bekal mereka ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan pembelajaran tersebut ke depan direncanakan secara berkesinambungan, setidaknya dalam satu minggu sebanyak tiga kali.

Selain mengajari anak-anak SAD baca tulis dan berhitung, Kapolsek juga memberikan penyuluhan kepada warga SAD, agar tetap menjaga kerukunan hidup antar warga dan menjaga lingkungan dan diakhir kegiatan Kapolsek memberikan bantuan alat tulis kepada anak anak warga SAD.

Sementara itu terkait kegiatan itu, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana membenarkan hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap pendidikam warga suku anak dalam (SAD) dan menjadi motivasi untuk personil lainnya.

"Kedepan harapan kita dengan pembinaan terhadap Suku Anak dalam (SAD) ini akan terjalin silaturahim dan kerjasama dalam menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif terutama di Kecamatan Air Hitam," kata Kapolres menambahkan.***

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018