Jambi (Antaranews Jambi) - Kepesertaan pria dalam menggunakan Alat Kontrasepsi dengan Metode Operasi Pria (MOP) di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan dan saat ini peserta KB aktif pria di daerah itu mencapai 1.214 orang.

"Dari 160 orang pria yang kita targetkan di tahun 2017 yang lalu, terealisasi 158 orang. Meski tidak mencapai target namun dari segi jumlah terjadi peningkatan yang cukup drastis," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Batanghari Saryoto di Muarabulian, Senin.

Saryoto mengatakan meski target pengguna alat kontrasepsi baru pria tidak mencapai target, namun minat peserta KB baru pria cukup tinggi. Hanya saja peningkatan MOP di setiap kecamatan belum merata.

Dari delapan kecamatan yang terdapat di daerah itu, kecamatan dengan penggunaan MOP cukup tinggi yakni Kecamatan Muarabulian, Batin XXIV, Pemayung, Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Bajubang.

Tingginya pencapaian penggunaan kontrasepsi MOP tersebut merupakan adanya keterlibatan motivator yang berasal dari berbagai komponen.

"Dengan terus memberikan pembinaan tentang komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait pentingnya penggunaan alat kontrasepsi, saya yakin akan bisa dimengerti oleh calon peserta KB pria," kata Saryoto.

Untuk setiap pemasangan alat dilakukan dengan gratis, dengan catatan masyarakat melakukan pemasangan di tempat pelayanan kesehatan milik pemerintah dan layanan kesehatan swasta yang telah di tunjuk oleh pihak pemerintah daerah.

Hal tersebut diatur dalam peraturan bupati (Perbub) No 10 tahun 2013 tentang retribusi kesehatan di Puskesmas. Dan pada tahun 2014 terbit Peraturan Mentri Kesehatan nomor 59 tentang pengklaiman pembayaran jasa aseptor (pasien), bahwa peserta KB dilayanani gratis dan difasilitas kesehatan pemerintah melalui klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan bagi yang tidak memiliki BPJS dapat mengklaim di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Yang digratiskan tersebut untuk semua jenis alat kontrasepsi, baik untuk pria maupun wanita," katanya menambahkan.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018