Jambi (Antaranews Jambi) - PT Len Industri (Persero) berharap jalur rel Palembang-Jambi-Rengat yang akan dibangun di kawasan tengah Sumatera dalam beberapa tahun ke depan menggunakan persinyalan elektronik. 

"Kami berharap persinyalan di jalur rel itu nantinya bersistem elektronik," kata Manager Humas PT Len Industri (Persero) Doni Gunawan ketika dihubungi dari Jambi, Rabu.

Ia menyambut baik rencana pembangunan jalur rel baru di kawasan Sumatera tersebut. PT Len melalui anak usahanya PT Len Railway System akan mengikuti lelang pengadaan persinyalan elektronik untik trek baru di daerah itu.

"Len melalui anak perusahaan PT LRS akan ikut lelang, bila menggunakan persinyalan elektronik. Keculi bila persinyalannya direncanakan menggunakan persinyalan mekanik, maka tidak akan maju," kata Doni.

PT Len Industri merupakan perusahaan milik BUMN yang bergerak dalam produksi produk elektronik. Beberapa produknya antara lain persinyalan elektronik KA, panel surya, maintenance mesin pembangkit, perangkat simulasi pesawat terbang serta lainnya.

Menurut Doni, persinyalan produk Len berbasis elektronik dan sudah diaplikasikan di sejumlah jalur rel di Jawa, termasuk dalam proyek persinyalan rel ganda di kawasan pantura Jawa.

Meski demikian, kata dia belum semua jalur KA menggunakan sistem elektronik, namun masih dioperasikan secara manual.

"Sebagian besar masih bersistem mekanik, tak hanya di Sumatera," kata Doni.

Sementara untuk proyek persinyalan rel di Sumatera, bukan sekali ini saja bagi LEN. Beberapa tahun lalu LEN mendapat pesanan untuk eletrifikasi pembangkit listrik untuk persinyalan dan stasiun KA di jalur KA Lampung-Palembang.

Sementara itu rencana pembangunan rel KA di dua trase yakni Palembang-Jambi dan Jambi Rengat sudah mulai menunjukkan progres yang semakin baik. Terakhir Pemprov Jambi telah menargetkan pembebasan lahan rek ka di provinsi itu setelah tuntas detile eginering design (DED).

Len Industri merupakan perusahaan BUMN Strategis, selain berkiprah dalam produk persinyalan elektronik di dalam negeri untuk memenuhi sarana dan prasarana perkeretaapian di Indonesia, juga terlibat dalam sejumlah proyek persinyalan di luar negeri antara lain di Singapura, Malaysia, Bangladesh dan Turki.

Salah satu produk terbaru Len antara lain sistem pengereman otomatis pada lokomotif KA yang merupakan merupakan salah satu prosedur pengamanan keselamatan perjalanan KA.***

     

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018