Jambi, Antaranews Jambi – Pemerintah Kabupaten Batanghari pada tahun 2018 akan memberikan bantuan berupa sandang pangan kepada warga lanjut usia (lansia) melalui program jaminan hidup (jadup). 

 

"Program ini baru pertama kali kita gulirkan di Batanghari. Bentuknya pemenuhan sandang, pangan dan sarana prasarana bagi warga lansia," kata Kabid Pembinaan dan Rehabilitasi Sosial Srimarta Puriana di Muarabulian, Sabtu.

 

Tujuan di gulirkannya bantuan tersebut untuk membantu warga lansia di daerah itu memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain bantuan terhadap warga lansia, dinas sosial di daerah itu juga mengajukan bantuan untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang hidup nomaden di wilayah Kecamatan Batin XXIV dan Kecamatan Maro Sebo Ulu.

 

Bentuk bantuan yang akan di terima oleh KAT tersebut sama dengan yang akan di terima oleh warga lansia. Penyandang cacat di daerah itu juga akan menerima bantuan berupa ekonomi produktif.

 

Warga lansia yang akan menerima bantuan berupa sembako tersebut berada di empat kecamatan di daerah itu. Akan tetapi saat ini dinas sosial daerah itu masih melakukan pengkajian kecamatan mana saja yang warga lansianya akan menerima bantuan tersebut.

 

Srimarta Puriana mengatakan warga lansia yang akan menerima bantuan tersebut usulan dari setiap kecamatan. Setelah di usulkan oleh pihak kecamatan maka data tersebut akan di verifikasi untuk melihat faktanya dilapangan.

 

"Usulan yang diberikan oleh pihak kecamatan tentunya akan kita verifikasi terlebih dahulu. Apakah data yang di usulkan tersebut benar-benar layak menerima bantuan atau tidak," katanya.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018