Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Kota Jambi mulai memberlakukan malam hari bebas kendaraan bermotor (car free night) di sepanjang kawasan taman pedestrian Jomblo hingga menuju bundaran Tugu Keris, Kota Jambi.

Kawasan bundaran Tugu Keris dan di sepanjang Jl Jend Basuki Rahmat itu, tertutup bagi semua kendaraan bermotor setiap Sabtu malam dan pihak pemerintah dan aparat kepolisian telah menyediakan beberapa kantong parkir yang ditempatkan pada jalur masuk kawasan tersebut.

Malam bebas kendaraan bermotor itu langsung diberlakukan oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Sabtu (10/2) malam dan diikuti oleh ribuan warga yang memanfaatkan kegiatan "car free night" di sepanjang kawasan pedestrian Jomblo itu.

Malam hari bebas kendaraan yang baru pertama dan satu-satunya yang dilaksanakan di Kota Jambu itu juga dimanfaatkan sejumlah komunitas dan para remaja yang hanya sekadar mengisi kegiatan dengan berkumpul dan kongkow malam.

Di sepanjang jalur bebas kendaraan bermotor itu pemerintah kota setempat menyediakan tempat untuk pedagang berbagai macam kuliner yang bisa dinikmati masyarakat pada kegiatan tersebut.

Selain jajanan kuliner, di lokasi itu juga digelar berbagai aneka panggung hiburan seni dan budaya yang langsung dbawakan oleh sejumlah komunitas dari sanggar seni di kota itu.

"Cukup bagus kegiatan seperti ini (car free night), karena bisa menghibur masyarakat yang akan mengisi kegiatan bersama keluarga," kata salah seorang Warga Kota Jambi, Jimmi (26).

Suasana malam hari di kawasan semakin indah karena gemerlap lampu hias warna-warni yang dipasang di atas sepanjang jalur kawasan bebas kendaraan itu.

Selain bisa menikmati aneka hiburan, di lokasi itu juga masyarakat bisa manfaatkan membaca buku yang digelar oleh komunitas lapak baca di sisi kanan tugu keris.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018