Jambi (Antaranews Jambi)- Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi mendapat bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) beserta perlengkapannya dalam program unggulan Pemprov Jambi yakni satu alat berat satu kecamatan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli di Kantor Camat Jambi Timur, Kota Jambi, Kamis.

Zola mengatakan bantuan alat berat untuk tiap kecamatan dari Pemprov Jambi disesuaikan dengan kondisi daerah masing masing, dan jenis alat beratnya pun ditentukan oleh bupati dan walikota, sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

"Misalnya untuk di Kecamatan Jambi Timur sendiri mendapatkan bantuan alat berat berupa kendaraan pemadam kebakaran beserta perlengkapannya dengan nilai Rp1,5 miliar," kata Zola.

Kecamatan Jambi Timur merekomendasikan bantuan mobil damkar karena wilayah kecamatan itu padat penduduk dan rentan terjadi kebakaran di wilayah pemukiman.

"Mengapa kendaraan pemadam kebakaran beserta perlengkapannya, karena wilayah Jambi Timur merupakan daerah yang padat penduduknya dan sering terjadi kebakaran. Kita berharap alat berat yang diberikan digunakan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Zola juga mengatakan pada tahun 2017, Pemprov Jambi sudah memberikan bantuan alat berat seperti eskavator sebanyak 22 unit dengan rincian setiap kabupaten/kota masing-masing mendapatkan satu unit untuk dua kecamatan.

Selain program satu alat berat satu kecamatan, Pemprov juga menggulirkan bantuan keuangan kepada masing masing kelurahan dan desa di Provinsi Jambi sebesar Rp60 juta per desa/lurah.

Bantuan keuangan yang diberikan kepada kelurahan/desa kata Zola merupakan bentuk perhatian dari Pemprov Jambi dan kepada lurah dan kepala desa.

Sedangkan terkait penggunaan dana bantuan keuangan sebesar Rp60 juta itu rinciannya yakni Rp40 juta digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan Rp20 juta digunakan untuk penguatan kelembagaan.

"Saya berpesan kepada lurah dan kepala desa untuk menggunakan bantuan dana keuangan dengan sebaik baiknya, serta kepada camat dan warganya untuk menjaga dan merawat alat berat yang telah diberikan oleh Pemprov Jambi," katanya lagi.

Setiap tahun Pemprov Jambi kata Zola akan terus memberikan bantuan dana keuangan tersebut, begitu pula alat berat akan terus diberikan ditiap kecamatan sampai tahun 2021 atau tahun akhir masa jabatannya sebagai gubernur.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Jambi, Muhammad Fauzi berterima kasih kepada Pemprov Jambi atas bantuan alat berat berupa kendaraan pemadam kebakaran beserta perlengkapannya untuk Kecamatan Jambi Timur.

Di samping itu, Fauzi juga mengharapkan bantuan dari Pemprov Jambi untuk wilayah Jambi Timur itu berupa keran-keran air, karena Jambi Timur merupakan wilayah yang padat penduduk dan sering terjadi kebakaran.

"Jadi dengan adanya keran air, akan lebih membantu dalam upaya pencegahan kebakaran di pemukiman padat penduduk," kata Fauzi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018