Jambi (Antaranews Jambi) - Peningkatan nilai ekspor komoditi minyak nabati pada Januari 2018 mendorong juga naiknya total nilai ekspor Provinsi Jambi sebesar 4,53 persen.

Kepala BPS Jambi Dadang Hardiwan, di Jambi Jumat mengatakan untuk nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Januari 2018 naik 4,53 persen dibanding Desember 2017 yaitu dari 211,17 juta dolar AS menjadi 220,74 juta dolar AS.

Penyebab utama naiknya ekspor Provinsi Jambi pada Januari adalah peningkatan nilai ekspor komoditi minyak nabati yang cukup tinggi, selain kenaikan nilai ekspor komoditi ikan dan udang, komoditi pinang, komoditi karet dan olahannya serta migas.

Untuk nilai ekspor pada Januari 2017 yaitu sebesar 195,65 juta dolar AS. Ekspor Jambi pada Januari 2018 lebih tinggi dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2017 yaitu naik sebesar 12,82 persen.

Kontribusi terbesar terhadap total ekspor di Jambi adalah ekspor kelompok pertambangan yaitu sebesar 54,69 persen, diikuti kelompok industri 38,51 persen dan kelompok pertanian 6,81 persen.

Bila dirinci menurut komoditi, kelompok industri didominasi oleh karet dan olahannya yang memberikan kontribusi mencapai 19,74 persen dan penyumbang kontribusi terbesar dari Kelompok pertambangan yaitu migas yang mencapai 50,98 persen, kata Dadang Hardiwan.

Sedangkan dari kelompok pertanian, pinang memiliki sumbangan 5,70 persen dan secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Januari ke beberapa negara utama mengalami peningkatan.

"Ekspor Jambi yang mengalami peningkatan adalah ke Singapura, Malaysia, Thailand, Jerman, Perancis, Jepang, Amerika Serikat, India dan Australia," kata Dadang.

Sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor Jambi dapat diamati ke beberapa negara seperti Inggris, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan dan pada Januari 2018 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami peningkatan.

Namun demikian, ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai negara mengalami penurunan. Penurunan terjadi pada ekspor ke Malaysia, Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, India, dan Taiwan ekspor tiga komoditi utama yang diekspor pada Januari 2018, yaitu komoditi migas, karet dan olahannya serta komoditi pulp dan kertas.

Dadang Hardiwan juga menjelaskan, ekspor terbesar adalah komoditi migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura dimana komoditi karet dan olahannya terbanyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, dan India sedangkan komoditi pulp dan kertas terbanyak diekspor ke Tiongkok, Inggris dan Taiwan.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018