Jambi (Antaranews Jambi) - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof RA Muthalib mengatakan jumlah pendaftar melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Universitas Jambi mecapai 11.619 siswa atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah siswa SLTA sederajat yang mendaftar SNMPTN di Unja tahun 2018 meningkat dari tahun 2017 yang hanya mencapai angka 11.096 siswa," katanya dihubungi di Jambi, Rabu.

Data jumlah pendaftar yang masuk tersebut terakhir pukul 17.24 WIB, atau menjelang akhir pendaftaran yang ditutup pada Rabu (6/3) kemarin pukul 24.00 WIB.

Dari jumlah pendaftar yang masuk sebanyak 11.619 siswa itu, diantaranya untuk yang mendaftar pada program beasiswa bidik misi sebanyak 3.402 siswa.

Jumlah pendaftar masuk perguruan tinggi negeri melalui seleksi berdasarkan nilai rapor akademik siswa yang memilih Universitas Jambi tersebut, berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk jumlah pendaftar terbanyak berdasarkan asal daerah itu, pendaftar dari Jambi mencapai 8.192 siswa yang kemudian diikuti pendaftar dari Sumatera Selatan sebanyak 1.232 siswa dan disusul provinsi lain yang jumlahnya mencapai seratusan pendaftar.

Pada proses pendaftaran sebelumnya melalui jalur tersebut calon peserta (pendaftar) dapat memilih sebanyak-banyaknya dua perguruan tinggi negeri, namun jika memilih dua perguruan tinggi maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Namun jika pendaftar hanya memilih satu PTN, maka pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Sementara itu, untuk program studi atau jurusan yang banyak diminati peserta pendaftaran SNMPTN di Unja itu, adalah dari jurusan IPS seperti Manajemen sebanyak 1.676 siswa, program studi PGSD sebanyak 1.234 siswa, program studi Akutansi 1.142 siswa, program studi Ilmu Hukum 1.070 siswa.

Kemudian diikuti program studi lainya yang jumlah pendaftar mencapai ratusan siswa.

Saat ini Universitas Jambi yang merupakan universitas tertua di Jambi itu, memiliki 14 Fakultas dan 88 program studi, dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akedemik 2017/2018 sebanyak 23.636 orang.****

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018