Jambi, Antaranews Jambi – Pemrintah Kabupaten Batanghari menggelar pekan olahraga tradisional yang diikuti para pelajar sekolah SMA di GOR Bulian Sport Center Muarabulian, Sabtu dan Minggu.

"Melalui pekan olah raga tradisional marilah kita bersama-sama membangkitkan dan mengenalkan kembali permainan-permainan olahraga tradisional khsusnya kepada pelajar dan anak-anak kita," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batanghari Ardani di Muarabulian, Sabtu.

Selain mengembangkan dan melestarikan olah raga tradisional, pekan olahraga tradisional tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta, memotivasi pelajar agar gemar berolahraga serta menjalin silaturahim dan mempererat persaudaraan antar sesama pelajar di daerah itu.

Baca juga: Olahraga raga tradisional dipertandingkan ke tingkat nasional

Ardani mengatakan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, bermunculan permainan-permainan online yang membawa dampak negatif khususnya bagi pelajar dan anak-anak.

Sehingga banyak anak-anak dan pelajar meninggalkan permainan-permainan tradisional bahkan ada yang tidak mengetahui permainan-permainan tradisional. Melalui pekan olehraga tersebut di harapkan permainan-permainan tradisonal dapat kembali dilestarikan.

"Olah raga tradisional yang sudah jarang dimainkan diantara seperti  egrang, dagongan, hadang dan terompah," kata Ardani.

Pekan olah raga tradisional tersebut di selenggarakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu yang di selenggarakan di GOR Bulian Sport Center (BSC) Muarabulian.

Pada pekan olah raga tradisional tersebut dilombakan tiga cabang olah raga tradisonal, yakni cabang olah raga tradisional egrang, hadang dan terompah.

Peserta pekan olah raga tradisional tersebut di ikuti oleh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di daerah itu.  Terdiri dari sebelas tim peserta lomba hadang, delapan tim peserta lomba egrang dan sepuluh tim peserta lomba terompah.

"Pekan olah raga tradisonal ini juga merupakan ajang seleksi. Peserta terbaik nanti akan kita ikut sertakan dalam pekan olah raga tradisional tingkat Provinsi Jambi bahkan tingkat nasional," katanya menambahkan.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018