Jambi, Antaranews Jambi - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi memulai seleksi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018.

"Seleksi tahap pertama diikut oleh 584 peserta, kemudian tahap kedua tinggal 265 peserta. Selanjutya akan diambil 70 peserta terbaik. Mereka disiapkan untuk bertugas mengibarkan bendera pada HUT Kemerdekaan di tingkat kota, selain itu diutus untuk bertugas di tingkat provinsi bahkan ikut saringan tingkat nasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi,  Moncar di Jambi, Selasa.

Tahapan pertama seleksi dibuka oleh Asisten II Sekda Kota Jambi Erwansyah itu diikuti sebanyak 584 pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA/Sederajat se-Kota Jambi.

Memasuki hari kedua, Selasa (20/3), seleksi berlangsung di lapangan Kodim 0415/ Batanghari dengan tim penilai dari Dispora Kota Jambi, Purna Paskibra Kota Jambi serta Kodim 0415/Batanghari.

Moncar menerangkan rangkaian seleksi tersebut meliputi empat kategori penilaian, yaitu kesehatan, kesamaptaan, wawancara dan pantohir. Para peserta yang lolos juga akan mengikuti seleksi wawancara terkait bela negara, wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, pengetahuan kepaskibrakaan, dan kepramukaan.

Menurut dia, seleksi yang dilakukan sangat ketat. Selain kondisi fisik, postur tubuh, bentuk mata, inner beauty juga intelektual pelajarnya.

"Prosesnya akan berkelanjutan. Mereka akan dibina hingga pelaksaan bertugas sebagai pengibar bendera merah putih," katanya.

Dengan ketatnya seleksi calon Paskibraka ini, diharapkan dapat menghasilkan Paskibraka terbaik dari pelajar Kota Jambi yang siap mengibarkan Sang Saka Merah Putih, baik di tingkat kota, provinsi bahkan tingkat nasional.***4***

 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018