Jambi, Antaranews Jambi – Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi menemukan sejumlah cacing yang berada di dalam makanan kemasan kaleng sarden saat melakukan sidak ke beberapa toko swalayan di daerah itu.

"Jumat pagi kita lakukan sidak ke beberapa mini market. Dan menemukan satu buah sarden dengan merk Farmerjack, setelah di buka ternyata di dalamnya terdapat banyak cacing," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elfie Yennie di Mauarabulian, Jumat.

Elfie mengatakan sidak yang dilakukan ke sejumlah minimarket tersebut merupakan reaksi cepat yang dilakukan oleh dinas kesehatan terkait beredarnya pemberitaan yang menyatakan makanan kemasaran sarden yang terindikasi cacing.

Dinas kesehatan daerah itu melakukan sidak ke sejumlah minimarket yang terdapat di daerah itu. dari hasil sidak yang dilakukan dinas kesehatan daerah itu menemukan satu buah makanan kemasan kaleng sarden dengan merk Jackfarmer. Setelah di lakukan pengecekan ternyata di dalam makanan kemasan kaleng tersebut terdapat cacing.

"Hasil temuan ini akan kita laporkan ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), selain itu juga akan kita cek di laboratorium," kata dr Elfie.

Ditemukannya cacing di dalam sarden tersebut di duga akibat pengemasannya yang tidak higienis. Sehingga cacing dapat berkembang di dalam makanan kemasan tersebut.

"Yang kita khawatirkan di dalam makanan kemasan kaleng tersebut terdapat bakteri clostridium botulinum, karena jika terkonsumsi bakteri tersebut dapat menyebabkan kematian," katanya

Timbulnya bakteri tersebut juga di karenakan tidak higienisnya pengemasan yang dilakukan.

Dengan di temukannya cacing di dalam makanan kemasan kaleng sarden tersbut, dinas kesehatan daerah itu melakukan himbauan peringatan kepada masyarakat dengan mengedarkan surat edaran kepada masyarakat agar lebih waspada dalam membeli makanan kemasan kaleng terutama makanan kaleng sarden dengan merk Jackfarmer.***
 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018