Jambi (Antaranews Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi yang masih dalam pembangunan merupakan pelabuhan untuk masa depan Jambi.

Zola di Jambi, Jumat, mengatakan pemerintahannya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam upaya mempercepat pembangunan pelabuhan yang diyakini mampu meningkatkan ekonomi Jambi tersebut.

"Pelabuhan Ujung Jabung merupakan pelabuhan untuk masa depan Jambi, sebab pembangunan pelabuhan ini membutuhkan waktu lama dan dilakukan secara bertahap hingga pembangunannya selesai," kata Zola.

Zola mengaku pada Kamis (22/3) kemarin juga melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membahas tindak lanjut pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan Muarasabak yang sama-sama berada di perairan Timur Jambi itu.

Untuk Pelabuhan Ujung Jabung kata Zola sudah ada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tanjungjabung Timur tentang pembangunan pelabuhan dengan lahan seluas 4.200 hektare.

Kemudian Pemprov Jambi kata Zola akan membangun fasilitas penunjang, misalnya jalan dan jembatan melalui dana APBN dan APBD, serta memberikan dukungan penuh dalam pembangunannya.

Sedangkan Pelabuhan Muarasabak perlu dikembangkan karena lebih ekonomis bagi pelayar daripada Pelabuhan Talang Duku di Muarojambi yang jaraknya mencapai kurang lebih 90 mil dari batas pantai luar.

"Kepada pemerintah pusat juga saya sampaikan aspirasi dari asosiasi pelayar terkait biaya angkutan yang lebih besar ketika mereka bongkar di Pelabuhan Talang Duku daripada Pelabuhan Muarasabak. Untuk itu kita mohon pertimbangan dalam rangka pengembangan Pelabuhan Muarasabak itu," katanya menjelaskan.

Dijelaskannya lagi, pembangunan Pelabuhan Muarasabak sendiri sudah didukung oleh Kementerian PUPR dengan dibangunnya jalan dari Jembatan Aurduri II menuju Pelabuhan Muarasabak yang akan selesai pada tahun 2019 mendatang.

"Untuk pembangunan pelabuhan di Jambi sendiri sudah ada dukungan dari pemerintah pusat, jadi tinggal mensinergikan pelaksanaannya saja," ujarnya lagi.

Pemprov Jambi katanya terus mendukung melalui pembangunan fasilitas-fasilitas untuk menunjang aktivitas pelabuhan-pelabuhan di Jambi.

"Saya berharap pelabuhan-pelabuhan di Jambi bisa menjadi kawasan perekonomian rakyat atau memberikan kontribusi lebih dan maksimal untuk masyarakat Jambi ke depannya," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018