Jambi, Antaranews Jambi – Pemerintah Kabupaten Batanghari melakukan rapat persiapan MTQ ke-48 tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jambi dan seluruh unsur pemerintah dari sebelas kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

"Rapat ini merupakan rapat lintas kabupaten dan provinsi yang membahas persiapan MTQ ke 48 tingkat provinsi jambi tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Baktiar di Muarabulian, Kamis.

Bakhtiar mengatakan rapat tersebut akan membahas seluruh persiapan gelaran MTQ, mulai dari persiapan fisik hingga pelaksanaan MTQ. Saat ini persiapan fisik gelaran MTQ tersebut yang meliputi arena utama hingga pemondokan kafilah dan dewan hakim sudah mencapai 90 persen.

Menurut Bakhtiar yang perlu di bahas dalam rapat tersebut mengenai aturan-aturan dalam pelaksanaan MTQ tersebut, sehingga pelaksanaan MTQ tersebut dapat di selenggarakan dengan sukses. Hal itu di karenakan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tersebut juga merupakan ajang seleksi kafilah Provinsi Jambi yang akan di ikut sertakan pada MTQ tingkat nasional tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatra Utara.

"MTQ ini merupakan ajang syiar agama islam, sehingga kita mengharapkan aturan-aturan yang di sepakati dapat di patuhi oleh seluruh kabupaten dan kota terutama Kabupaten Batanghari selaku tuan rumah," kata Bakhtiar.

Sementara itu 140 rumah warga telah di persiapkan pemerintah daerah itu sebagai lokasi pemondokan peserta kafilah dari 11 kabupaten dan kota. Rumah-rumah warga yang dijadikan sebagai lokasi pemondokan kafilah tersebut berada di kecamatan Muarabulian sebagai wilayah utama dalam pelaksanan MTQ tersebut.

Selain rumah-rumah warga beberapa wisma juga telah di persiapkan sebagai lokasi penginapan untuk dewan hakim dan panitia MTQ dari Provinsi Jambi.

"Selain lokasi-lokasi pemondokan kita juga telah mempersiapkan mesjid-mesjid untuk dijadikan lokasi cabang perlombaan," katanya menambahkan.***

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018