Jambi, Antaranews Jambi - Kebun Percobaan Sungai Tiga yang dikelola Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi menjadi ajang edukasi wisata potensial untuk dikembangkan di daerah itu.

Kawasan itu merupakan salah satu sarana  diseminasi teknologi yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Jambi khususnya petani, petugas penyuluh lapangan (PPL) dan pelajar.

Fasilitas itu dikembangkan untuk edukasi mengenal tanaman dan ternak kepada pengunjung.

Kebun percobaan yang saat ini dipimpin Joko Supriyanto tersebut memiliki tim pendamping untuk memandu pengunjung. Seperti saat kunjungan siswa dari TK Almira Aisyah beberapa waktu lalu, sebanyak 70 siswa adan siswi serta 10 guru mendapat pendampingan dari tim setempat.

Tim pendamping terdiri dari peneliti dan teknisi yang mana setiap pengunjung dibangi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah pesertanya.

Lokasi kunjungan terdiri dari taman agroinovasi dan sumber  daya genetik, ternak sapi, kambing, ikan, tanaman pangan dan tanaman sayuran.

Khususnya bagi anak-anak, kegiatan edukasi wisata tersebut dapat dinikmati dengan format petualanganyang ceria dan suasana gembira. Di sela-sela  kunjungan, peserta bisa melakukan dialog serta melakukan aktifitas seperti memberi makan ternak kambing, sapi dan ikan.

Selain itu juga bisa melakukan panen sayur mayur di lokasi tersebut. Sejumlah sayuran biasa ditaman di lokasi itu antara lain terong, pare, kangkung pakcoi dan lainnya.

Suasana keakraban juga bisa terjalin selain di lapangan, juga saat berkumpul di Saung Kebun Percobaan yang merupakan sesi terakhir dari kunjungan. Biasanya pengunjung menikmati santap siang bersama di fasilitas saung tersebut.


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018