Jambi, Antaranews Jambi - Universitas Jambi (Unja) melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan  menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) 2018.

Pilmapres Unja merupakan ajang tahunan di perguruan tinggi itu untuk mencari mahasiswa berprestasi dengan penilaian terhadap kapabilitas, integritas serta prestasi akademik.

Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumbi Prof Dr Ir H Abdul Aziz MSi mengharapkan mahasiswa memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hard skills), tetapi juga harus beraktivitas untuk mengembangkan soft skills.

"Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, maupun kukurikuler, dan ekstrakurikuler. Namun tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses di semua bidang," katanya.

Biro Akademik dan kemahasiswaan tahun 2018, kembali mengadakan pemilihan mahasiswa berprestasi pada tingkat Universitas Jambi yang dilaksanakan di ruang senat lantai III kampus UNJA Mendalo dan diikuti 14 peserta dari perwakilan seluruh fakultas.

Selain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr Ir Abdul Aziz MS, juga dihadiri Kabag Pengembangan Mahasiswa dan Alumni Nizwan SE, MM dan para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Universitas Jambi.

Prof Abdul Aziz  mengatakan pihaknya dapat memaklumi dalam ajang Pilmapres kali ini, seleksi yang dilakukan pada tingkat fakultas sangat susah sekali dikarenakan sistem yang dibangun terutama dalam menulis karya ilmiah temanya selalu berganti-ganti.

Lebih lanjut, Prof Aziz  mempertahankan argumen kepada dewan juri apa yang ditampilkan serta keunggulan-keunggulan yang tuliskan sehingga menjadi sebuah uraian dan pemahaman.

Pilmapres 2018 Unja  terbagi menjadi beberapa sessi, yaitu sessi pengundian peserta untuk menyampaikan materi,  sesi kedua mempresentasikan materi kepada dewan juri dalam mempergunakan bahasa inggris, sesi ketiga tanya jawab, dan sesi terakhir adalah memverifikasi dokumen-dokumen portofolio peserta.

Ke depan, kata dia akan ada pembinaan yang khusus untuk mahasiswa yang terpilih sebagai perwakilan Universitas Jambi sebagai mahasiswa berprestasi. Sehingga yang bersangkutan mampu dan dapat bersaing dalam mengikuti event-event berskala nasional maupun internasional baik itu bidang akademik dan non akademik.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018