Jambi,  (Antaranews Jambi)- Gowes sepeda santai atau fun bike yang diikuti seribuan peserta termasuk juga para pimpinan di perguruan tinggi itu menjadi awal dimulainya rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Jambi ke-55.

Sepeda santai yang digelar, Sabtu pagi, dengan melewati rute kampus pascasarjana Universitas Jambi di Telanaipura hingga selesai di Kampus Pinang Masak Unja Mendalo itu langsung dibuka Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH PhD.

"Dengan berbagai kegiatan Dies Natalis yang kita laksanakan ini diharapkan dapat menambah keakraban antarkalangan civitas akademik dan meningkatkan kebersamaan untuk memajukan Unja supaya lebih baik ke depan," kata Rektor.

Pihak panitia merilis bahwa gowes sepeda santai tersebut diikuti seribuan peserta, yang terdiri dari berbagai kalangan komunitas sepeda, juga dosen dan para dosen di perguruan tinggi itu.

Dalam gowes sepeda santai tersebut, panitia juga menyiapkan undian hadiah utama berupa sepeda motor.

Kemudian pada pembukaan kegiatan Dies Natalis yang digelar di lapangan utama kampus itu juga digelar berbagai rangkaian kegiatan atraksi dan pameran.

Dalam momen Dies Natalis yang ke-55 itu, Rektor mengatakan bahwa perguruan tinggi yang dipimpinnya itu berkomitmen membawa Universitas Jambi kepada arah yang lebih baik lagi kedepan.

Dalam waktu dekat universitas tertua di Provinsi Jambi itu akan melaksanakan sejumlah pembangunan gedung megah untuk menunjang program pendidikan di perguruan tinggi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten.

Sejumlah pembangunan gedung yang akan dibangun melalui dana hibah dari ADB, diantaranya gedung rektorat baru, kedokteran dan gedung student activity center dan gedung lainnya.

"Sehingga kedepan Universitas Jambi menjadi lebih diperhitungkan dikancah nasional dan internasional," kata dia.

Tahun 2017, rektor mencanangkan sebagai Tahun Prestasi, Kompetisi dan Promosi. Kemudian pada 2018 ditambah dengan Tahun Kebersamaan, artinya pencapaian dan keberhasilan yang diraih merupakan kerja bersama dan untuk kemajuan bersama seluruh elemen di Universitas Jambi.
 


Sejarah Unja

Pada tahun 1960, berdiri Akademi Perniagaan Djambi yang bernaung di bawah Jajasan Perguruan Tinggi Djambi. Yayasan ini didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintahan Jambi waktu itu dan diketuai oleh R. SUDARSONO yang waktu itu menjabat sebagai Walikota Jambi.

Dikuti dari laman daring Unja, selanjutnya pada tahun 1961, Akademi Perniagaan Djambi berubah menjadi Fakultas Ekonomi bersamaan dengan pendirian Fakultas Hukum, keduanya berafiliasi ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Berbekal dengan adanya dua Fakultas tersebut, tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Jambi melalui Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi.  

Hasil kerja Panitia yang diketuai Kolonel M.J Singedekane (Gubernur Jambi saat itu) pada tanggal 1 April 1963 Universitas Negeri Jambi yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963.

Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi kemudian membuka dua Fakultas Baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan, sehingga pada saat diresmikan tanggal 1 April 1963, dengan memiliki empat Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan.

Mulai saat itu, tanggal 1 April dijadikan sebagai tanggal Dies Natalis Universitas yang memiliki warna almater oranye tersebut.

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018