Jambi, Antaranews Jambi -  Gilang Ramadhan dan Salsabila Adinda  dari SMA N 1 Batanghari dinobatkan sebagai Bujang Gadis Batanghari 2018 yang diumumkan pada puncak lomba yang digelar di Muarabulian Kabupaten Batanghari, Sabtu malam.. 
 
Sementara itu Nicho Fernando dan Syafia Najmi Larasati di nobatkan sebagai wakil satu  dan Restu Mulfajrin dan Tasya Wulandari di nobatkan sebagai wakil dua Bujan Gadis Batanghari  2018. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari Bakhtiar berharap ajang pemilihan Bujang Gadis Batanghari pada tahun 2018 menjadi  pelopor bagi generasi muda di daerah itu.

"Bujang gadis tersebut merupakan pelopor generasi muda di Batanghari untuk tidak mendekati berbagai kegiatan yang negatif seperti menghindari narkoba, minuman keras, asusila serta jenis kejahatan lainnya," kata Bakhtiar pada malam puncak pemilihan Bujang Gadis Kabupaten Batanghari 2018 di Muarabulian, Sabtu.

Bakhtiar mengatakan di daerah itu memiliki sumber daya pemuda-pemudi usianya 17 tahun sampai dengan 30 tahun yang cukup besar dan potensial.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil daerah itu, pada tahun 2017 jumlah pemuda dalam rentang usia tersebut berjumlah 78.086 Jiwa.

"Ini menunjukkan bahwa kita mempunyai tugas untuk terus memberdayakan pemuda melalui berbagai kegiatan pelatihan, pendidikan, magang dan pengembangan prestasi seperti ajang pemilihan bujang gadis batanghari ini," kata Bakhtiar.

Pemilihan bujang gadis daerah itu bertujuan untuk menyalurkan aktivitas, kreativitas pemuda usia emas sebagaimana amanat undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Selain itu pemuda-pemudi, pelajar dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam ajang tersebut di  harapkan dapat melestarikan dan mempromosikan seni budaya, pariwisata dan adat istiadat dlam memeperkuat kebudayaan nasional sebagaimana amanat undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

Ajang pemilihan bujang gadis daerah itu di ikuti oleh 98 orang peserta yang berasal dari Kecamatan, Perguruan Tinggi dan Siswa tingkat SLTA yang ada di daerah itu.


 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018