Jambi, Antaranews Jambi - Petani dari sejumlah kelompok tani atau poktan di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi mendapat pendidikan dan latikan tematik cara penanaman serta pemeliharaan tanaman jagung dari Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi.

Kegiatan yang yang digelar 18-21 April 2018 itu digelar di Gedung BPP VII Koto Kabupaten Tebo tersebut diikuti oleh 20 orang petani yang tergabung dari beberapa kelompok tani di daerah itu.

Pelatihan tematik yang juga digelar di beberapa daerah di Jambi dan Sumatera Barat itu dibuka oleh Widyaiswara BPP Jambi Masnun  yang mewakili Kepala BPP Jambi Muhammad Syarip.

Hadir pula pada kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tebo Sarjono sebagai stakeholder pertanian di daerah itu sekaligus sebagai nara sumber yang memberikan sharing pengalaman dan pemaparan sejumlah kebijakan daerah setempat terhadap sektor pertanian dan tanaman pangan.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para petani paham dan dapat bersaing dalam meningkatkan produksi jagung," kata Widyaiswara BPP Jambi Masnun.

Selama empat hari, para peserta mendapat materi pelatihan berupa teori, praktik dan kiat-kiat untuk meningkatkan produktifitas dan pengendalian hama.

Menurut dia, pelatihan tersebut juga tak hanya pemeliharaan tanaman juga diberikan materi penanganan pascapanen jagung, sehingga menghasilkan produk yang unggul dan bekualitas.

Pemahaman para petani terhadap komoditas yang mereka tanam sangat penting sehingga mampu melakukan pengurusan, pemupukan dan pengelolaan lahan secara baik dan tepat.

Pada akhir pelatihan juga menghadirkan Kepala  Bidang Penyuluhan dan Keamanan Pangan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo Wahyu Sri Murdo.

Ia berharap melalui pelatihan yang digelar BPP Jambi, diharapkan bisa meningkatkan produksi para petani jagung di daerah itu.

"Kami atas nama pemerintah Kabupaten Tebo berterima kasih dan apresiasi kepada BPP Jambi yang telah menginisiasi pelatihan bagi petani di Kabupaten Tebo," kata  Wahyu.

Selain di Kabupaten Tebo, BPP Jambi pada saat bersamaan juga menggelar pelatihan tematik di dua tempat lainya yakni pelatihan tematik bawang putih di Solok Sumatera Barat dan pelatihan tematik pengendalian hama cabai merah di Kabupaten Marangin Provinsi Jambi.

BPP Jambi juga tengah memberikan pelatihan kepada CPNS tenaga harian lepas tenaga bantuan BPP di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara serta di aula BPP Jambi masing-masing satu dan dua kelas dengan total jumlah 90 orang.***



 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018