Jambi, (Antaranews Jambi)- Sebanyak 822 lulusan wisuda Universitas Jambi langsung menerima ijazah dan transkrip nilai asli yang diberikan pada rapat terbuka senat perguruan tinggi itu dalam rangka Dies Natalis ke-55 dan wisuda ke-81 program doktor, magister, profesi, sarjana dan diploma.

Rektor Universitas Jambi Prof Johni Najwan yang memimpin sidang senat terbuka, Sabtu, mengatakan pada momen yang berbarengan dengan Dies Natalis Unja ini para lulusan yang diwisuda kali ini langsung diberikankan ijazah dan transkrip nilai asli.

"Selama ini saat wisuda di Unja ijazah dan transkrip nilai menyusul, tapi dalam wisuda kali ini merupakan momen khusus yang baik, karena langsung diberikan ijazah dan transkrip asli," kata Rektor di Balairung Kampus Pinang Masak Mendalo, Muarojambi, Jambi.

Wisuda angkatan ke-81 perguruan tinggi tersebut digelar dalam sidang senat terbuka yang dipimpin Rektor Unja Prof Johni Najwan, dan dihadiri Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti, Dr Jumain Appe dan para anggota senat perguruan tinggi itu.

Peserta wisuda ke-81 sebanyak 822 wisudawan itu, terdiri dari program Doktor (S3) dua orang, Magister (S2) 71 orang, Profesi 21 orang, Sarjana (S1) 725 orang, dan program Diploma 3 orang.

Sedangkan jumlah peserta wisuda menurut asal fakultas, yaitu Ekonomi Bisnis 118 orang, Hukum 164 orang, FKIP 236 orang, Pertanian 47 orang, Peternakan 46 orang, dan FKIK 49 orang.

Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi 15 orang, Ilmu Budaya 24 orang, Fisipol 1 orang, Kehutanan 16 orang, Ilmu Keolahragaan 25 orang, Teknologi Pertanian 8 orang, dan Pascasarjana 73 orang.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan laporan capaian kinerja Universitas Jambi pad atahun 2016-2017.

Rektor mengatakan, dalam Dies Natalis ke-55 merupakan momentum penting Bagi Universitas Jambi untuk merefleksikan yang telah diperbuat dalam perjalanan sejarah perguruan tinggi itu yang berdiri sejak tahun 1963.

Universitas Jambi yang merupakan universitas tertua di Provinsi Jambi itu akan berkomitmen dan memainkan peranan penting dalam menghasilkan lulusan berkualitas demi masa depan banga Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti, Dr Jumain Appe berpesan kepada lulusan bahwa wisuda tersebut merupakan bukan langkah terakhir karena proses kompetisi masih akan terus berlanjut sampai kapanpun.

"Dan dalam rangka mendukung pembangunan di masa yang akan datang, maka saya berpesan agar kalian bisa memanfaatkan apa yang sudah diperoleh dari proses pembelajaran untuk diimplementasikan ke masyarakat," kata Jumain Appe.

Selain itu, dalam rangka Dies Natalis tersebut pihaknya juga mengapresiasi atas kinerja Universitas Jambi yang telah dihasilkan dari berbagai bidang, diantaranya proses pembelajaran kemahasiswaan, sumber daya, penelitian dan pengabdian masyarakat hingga penguatan kapasitas inovasi perguruan tinggi.

"Kinerja yang dihasilkan Unja jauh meningkat, dan atas nama Kemeristek-Dikti memberikan penghargaan kepada rektor dan jajarannya serta juga kepada mahasiwanya dalam mencapai kinerja yang baik ini," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018