Jambi,  (Antaranews Jambi) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Ujang Hariadi mengatakan iven balap sepeda "Tour de Singkarak" yang akan melewati Kabupaten Kerinci, Jambi, adalah momentum mempromosikan destinasi wisata yang ada di kabupaten tersebut.

"Tour de Singkarak itu iven internasional. Dengan rute yang melewati Jambi ini maka kita secara langsung dapat mempromosikan potensi wisata Kerinci ke masyarakat dunia, khususnya mereka yang dari Eropa," katanya di Jambi, Minggu.

Menurut Ujang, dengan diberikannya kesempatan para pebalap melintasi Provinsi Jambi dalam Tour de Singkarak 2018 ini, maka akan mendatangkan keuntungan besar bagi Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh dan Provinsi Jambi umumnya.

Apalagi wisata Kerinci kata Ujang sangat layak dipromosikan ke dunia pariwisata internasional. Selain keindahan alamnya, Kerinci juga kaya dengan ritual budaya.

Selain keindahan wisata alam, nantinya para pebalap sepeda, termasuk official, penonton dan jurnalis asing yang meliput "Tour de Singkarak" 2018 akan disuguhi macam-macam kesenian dari Kerinci dan Sungaipenuh.

"Sekarang tinggal kesiapan kita semua. Kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya. Jangan sampai infrastruktur kita tidak mendukung sehingga iven ini batal melintasi Jambi," tegasnya.

Panitia "Tour de Singkarak" 2018, lanjut Ujang akan mencek kesiapan infrastruktur di Kerinci dan Sungaipenuh pada Mei mendatang, untuk rute balapan itu.

"Kami sudah koordinasikan persoalan itu ke pemerintah setempat termasuk dinas terkait agar bersama-sama mendukung kesempatan ini. Saya juga sudah melaporkan soal ini ke Plt Gubernur Jambi," katanya.
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018