Jambi, (Antaranews Jambi) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi menyerahkan santunan jaminan kecelakaan kerja senilai Rp213 juta kepada dua orang ahli waris dari peserta di daerah itu, Selasa.

Penyerahan santunan jaminan kecelakaan itu dilakukan pada peringatan Hari Buruh atau May Day yang digelar BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi bersama sejumlah organisasi serikat pekerja di provinsi itu.

Dari nilai total santunan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut, masing-masing diserahkan kepada Salumi Wuruwu selaku ahli waris peserta jaminan sosial ketenagakerjaan atas nama Yulius Halawa senilai Rp106,8 juta.

Kemudian santunan juga diberikan kepada Eti Wulandari selaku ahli waris dari peserta jaminan sosial tenaga kerja atas nama Hermansyah senilai Rp106,8 juta.

Santunan tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Jambi, M Fauzi yang juga turut disaksikan oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi Mayriwan Ekaputra.

Santunan jaminan sosial itu sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta yang telah menjadi peserta jaminan sosial dan terdaftar untuk berbagai program dan manfaat jaminan sosial tenaga kerja itu.

"Santunan tersebut agar bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat, bisa untuk modal menjankan usaha dan juga bisa untuk membiayai pendidikan anak-anak," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi Mayriwan Ekaputra.

Sementara itu, Salumi Wuruwu selaku ahli waris yang menerima santunan itu mengatakan, uang santunan jaminan sosial tenaga kerja yang diberikannya itu berasal dari suaminya yang saat itu mengalami kecelakan kerja di sebuah perusahaan tempat suaminya itu bekerja.

Namun karena terdaftar menjadi peserta jaminan sosial tenaga kerja yang didaftarkan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit di Muarojambi itu, ia selaku ahli waris berhak mendapatkan uang santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan mata berkaca-kaca usai turun dari panggung menerima santunan itu, Salumi mengaku uang santunan tersebut akan digunakan untuk membiayai pendidikan anaknya.

"Akan digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat yakni membiayai anak sekolah, anak saya saat ini lima orang, saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan," kata Salumi.


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018