Jambi (Antaranews Jambi) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi menyatakan salah satu agenda pariwisata Pemprov Jambi 2018 yakni Festival Sungai Batanghari direncanakan digelar di tiga tempat.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Eka Feriani di Jambi, Senin, mengatakan Festival Sungai Batanghari akan digelar di Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi dan Tanjungjabung Timur di bulan November 2018 mendatang.

"Biasanya Festival Sungai Batanghari hanya digelar di kawasan Tanggo Rajo, Kota Jambi. Tapi tahun ini direncanakan juga digelar di Kabupaten Muarojambi dan Tanjungjabung Timur tepatnya di Kampung Laut. Waktunya pun berbeda-beda," kata Eka.

Dijelaskannya, wisatawan nusantara dan manca negara dalam festival tersebut direncanakan diajak mengunjugi destinasi wisata di tiga tempat itu. Seperti di Kabupaten Muarojambi wisatawan akan diajak mengunjungi Candi Muarojambi dan di Kampung Laut wisatawan akan diajak mandi air asin.

Baca juga: Jambi siap selenggarakan tiga perhelatan pariwisata
Baca juga: Kota Jambi berlakukan Perda penyelenggara pariwisata

Terkait ketersedian transportasi air dalam Festival Sungai Batanghari itu menuju Muarojambi dan Tanjungjabung Timur, Eka mengatakan masih dikoordinasikan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Eka menyebutkan Festival Sungai Batanghari merupakan iven pariwisata Pemprov Jambi bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) karena festival tersebut masuk 100 top iven Indonesia.

Dia mengharapkan Festival Sungai Batanghari tersebut mampu mendatangkan wisatawan nusantara dan manca negara serta mampu mendongkrak perkonomian Jambi khususnya pelaku usaha kecil dan menengah.

Eka juga menyarankan daerah yang akan menyelenggarakan iven pariwisata untuk membuat kuliner khas dengan kemasan higienis sehingga mampu menarik minat wisatawan yang datang.

Baca juga: Dekranasda Jambi fokus peningkatan kualitas produk kerajinan
Baca juga: Festival kuliner dorong kreatifitas pengusaha muda Jambi

Selain Festival Sungai Batanghari, Eka juga menyebutkan iven Pariwisata Pemprovr Jambi 2018 yakni Festival Candi Muarojambi dan Festival Kerinci, dimana iven-iven itu mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata.

Selain tiga iven pariwisata yang diselenggarakan Pemprov Jambi bersama Kemenpar itu, iven lain yang mendapat dukungan Kemenpar di kabupaten juga akan digelar. Seperti iven pariwisata Mandi Safar di Kabupaten Tanjungjabung Timur dan Festival Geopark Merangin di kabupaten Merangin.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018